Berita Aceh Utara

238 Yatim di Kecamatan Nibong Terima Santunan, Ini Sisa yang Akan Diserahkan Jelang Meugang

Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara menyerahkan santunan untuk 238 anak yatim yang berada di Kecamatan Nibong.

Dok Baitul Mal Aceh Utara
Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf menyerahkan santunan kepada ratusan yatim secara simbolis di Masjid Nurul Iman Nibong Wakeuh Kecamatan Nibong, Aceh Utara. 

Laporan Jafaruddin | Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Pemkab Aceh Utara melalui Baitul Mal setempat menyerahkan santunan untuk 238 anak yatim yang berada di Kecamatan Nibong, Aceh Utara pada Sabtu (9/5) malam atau bertepatan dengan malam nuzul quran.

Santunan itu diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf di Masjid Nurul Iman Desa Nibong Wakeuh, Kecamatan Nibong, Aceh Utara.

“Santunan anak yatim ini kita lakukan sebagai kegiatan rutinitas setiap menyambut Nuzulul Qur'an bertepatan malam 17 Ramadhan,” ujar Wakil Bupati Aceh Utara kepada Serambinews.com, Minggu (10/5/2020).

Lebih lanjut Fauzi Yusuf menegaskan, penyantunan yatim juga akan dilakukan di setiap kecamatan yang ada dalam wilayah Aceh Utara menjelang Meugang Hari Raya Idul Fitri untuk sebanyak 4.000 lebih anak yatim.

“Bantuan Rp 200 ribu per yatim memang tidak terlalu banyak. Namun jika dikalikan dengan 5.000 anak yatim yang dialokasikan pihak Baitul Mal, jadi jumlah dananya mencapai angka Rp 1 miliar,” ujar Wabup.

Ditambahkan, program ini harus bertahan setiap tahunnya, bila perlu untuk tahun depan ditambah lagi jumlah penerimanya. Dalam kesempatan itu, Wabup juga memberikan apresiasi kepada pihak baitul mal yang tidak sudah menyantuni anak yatim.

Kepala Baitul Mal Aceh Utara Tgk Yusradi Ismail menyebutkan dana penyantunan tersebut bersumber dari dana infaq dari instansi pemerintah, swasta dan para pengusaha yang ada di Aceh Utara yang dikumpulkan selama ini.

“Terima kasih kepada muzakki (orang dikenai wajib zakat) dan munfiq (orang berinfaq) yang telah memberikan kepercayaan kepada kami selama ini,” ujar Tgk Yusradi didampingi Kepala Sekretariat Baitul Mal Zulfikar Z, SPd MT.

Pihaknya berharap kdepan semakin banyak muzakki dan munfiq yang membayarkan zakatnya kepada baitul mal, sehingga semakin banyak pula anak yatim dapat dibantu setiap Ramadhan atau momen lainnya.(*)

Setelah Kalahkan Ferguson, Gaethje Siap Nodai Rekor Tak Terkalahkan Khabib Nurmagomedov

Club Anak Motor Lhokseumawe Bantu Kaum Dhuafa

Banjir Rendam 12 Kecamatan di Bireuen, 41 Keluarga Mengungsi

Adakah Doa Khusus Jika Telah Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan? Berikut Penjelasannya

Penulis: Jafaruddin
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved