Breaking News:

Bantuan Sembako

Baitul Mal Aceh Selatan Salurkan Bantuan Paket Sembako, untuk Tukang Becak dan Buruh Bongkar Muat

Bantuan Paket Sembako Ramadhan ini bersumber dari Dana ZIS tahun zakat 2019 disalurkan di tahun 2020.

Penulis: Taufik Zass | Editor: Taufik Hidayat
Dok Baitul Mal Aceh Selatan
Baitul Mal Aceh Selatan menyalurkan bantuan paket Sembako Ramadhan kepada Tukang Becak Se-Aceh Selatan dan Buruh Bongkar Muat Pelabuhan Tapaktuan. 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Baitul Mal Aceh Selatan menyalurkan bantuan paket Sembako Ramadhan kepada Tukang Becak Se-Aceh Selatan dan Buruh Bongkar Muat Pelabuhan Tapaktuan.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekda Aceh Selatan, H.Nasjuddin SH MM mewakil Plt Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran di halaman Kantor Baitul Mal, 8 Mei 2020 dan selanjutnya akan disalurkan ke kecamatan-kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan sampai Tanggal 18 Mei 2020.

Kepala Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan, H Ahmad Ibrahim BA kepada Serambi, Kamis (14/05/2020) mengatakan, bantuan Paket Sembako Ramadhan ini bersumber dari Dana ZIS tahun zakat 2019 disalurkan di tahun 2020.

Adapun jenis Paket Sembako yang di Salurkan adalah 2 Botol Syrup, 2 Kg Gula Pasir, 2 Liter Minyak Goreng, 1/4 Bubuk Kopi, 1 Lembar Kain Sarung, 5 Kg Beras, 1 Kotak Mie Instan, dan 1 lembar stiker sosialisasi zakat. Paket Sembako ini seharga Rp 300.000/Paket.

"Semoga dengan adanyan Bantuan Paket Sembako Ramadhan ini dapat membantu meringankan beban para Tukang Becak Khususnya di Kecamatan Tapaktuan dan Buruh Pelabuhan, yang mana dalam situasi Wabah Covid-19 ini membuat masyarakat Aceh Selatan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan apa lagi menjelang Bulan Ramadhan," paparnya.

Dalam Acara pembukaan Penyaluran Paket Sembako Ramadhan ini juga, Sekda H Nasjudin, SH MM didamping Asisten dan Kabag Humas  mengarahkan untuk tetap mengikuti protokeler kesehatan sesuai SOP yang di arahkan oleh Pemerintah, meski ekonomi sekarang sedang dilanda oleh Covid-19.

"Kita tetap bersemangat dalam mencari kebutuhan dengan menggunakan APD yang di anjurkan dan selalu mendekatkan diri kepada Allah," pesan Sekda. Melalui program kegiatan tetap Baitul Mal, yaitu Bantuan Sembako Ramadhan ini Setda Aceh Selatan berharap kesadaran para muzaki dan ASN serta pihak BUMN yang ada di Aceh Selatan untuk menyalurkan Zakatnya ke Baitul Mal Aceh Selatan.

"Sebagai Lembaga di bawah Instansi Pemerintah Aceh Selatan yang telah banyak berkontribusi membangun daerah dengan Dana Zakat yang terkumpul di Baitul Mal Aceh Selatan yang sejauh ini sasaran penerimanya sangat repat, semoga harta kita kian berkah dan kian bertambah," ungkap Sekda.

Amil Baitul Mal Aceh Selatan, Firdaus selaku Kabag Pengumpulan menambahkan, adapun jumlah penerima Bantuan Paket Sembako Ramadhan tahun ini sebanyak 1.301 Orang dengan rincian 73 Orang dari Buruh Pelabuhan dan 1.228 Orang tukang becak yang terdata oleh ketua becak masing-masing kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

"Penerima sesuai kriteria yang telah ditentukan, meskipun dalam keadaan berpuasa para Amil Baitul Mal Aceh Selatan sangat antusias dan bersemangat menyalurkan Bantuan Paket Sembako Ramadhan ini demi sebuah senyuman dari para penerima bantuan tersebut mengingat rasa syukur yang di ucapkan dari para tukang Becak," ungkanya.

Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Selatan, drh Asrijal Junaidi dalam laporanya menyampaikan bahwa sebelum menjelang ramadhan Baitul Mal Aceh Selatan juga sudah menyalurkan beberapa program kegiatan antara lain Bantuan operasional TPA dan santuan Fakir Uzur se umur hidup yang disalurkan Door To Door kepada penerima langsung.

"Sebenarnya Bantuan Paket Sembako Ramadhan ini di salurkan sebelum memasuki bulan Puasa, dikarena ada arahan untuk tidak berlakukan izin keramaian dan perkumpulan masa dalam rangka memutuskan mata rantai Covid-19, maka baru bisa disalurkan di dalam bulan puasa dengan system pengaturan teknis penyaluran," jelasnya.

Setalah lebaran nanti, tambahnya, Baitul Mal Aceh Selatan akan terus melanjutkan penyaluran Zakat tahun 2019 di tahun 2020 sesuai program kegiatan yang telah ada di Baitul Mal Aceh Selatan. "Misalnya Reward Hafid Qur'an dan Santuan Anak Yatim/Yatim Piatu, dll," pungkasnya.(*)

Balita 3 Tahun Warga Panca Lembah Seulawah Besar, Meninggal Terseret Arus, Begini Kronologinya

Seperti Kerasukan Setan, Pria Ini Tikam Istrinya yang Hamil Lalu Lempar Bayinya ke Tebing Curam

Tentara Myanmar Tembak Dua Desa Muslim di Kota Kyauktaw, Lima Orang Terluka

Aceh Jaya Gelar Pasar Murah, Ini Barang dan Daftar Harga yang Bisa Diperoleh

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved