Breaking News:

Berita Banda Aceh

Camat Kuta Alam Lantik dan Ambil Sumpah Tuha Peut Gampong Lamdingin

Camat Kuta Alam Reza Kamilin SSTP mengambil sumpah serta melantik Tuha Peut Gampong Lamdingin Periode 2020-2026. Acara tersebut dilaksanakaN...

Penulis: Jalimin | Editor: Jalimin
FOR SERAMBINEWS.COM
Camat Kuta Alam, Reza Kamilin SSTP mengambil sumpah serta melantik Tuha Peut Gampong (TPG) Lamdingin Periode 2020-2026 di Aula Kantor Camat Kuta Alam, Senin (18/5/2020). 

Laporan Jalimin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Camat Kuta Alam, Reza Kamilin SSTP mengambil sumpah serta melantik Tuha Peut Gampong (TPG) Lamdingin Periode 2020-2026. Prosesi pelantikan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Kuta Alam, Senin (18/5/2020) turut dihadiri oleh Danramil 13 Kuta Alam, Mayor Mutrisno, Kapolsek Kuta Alam, Iptu Miftahuda Dizha Fezuono SIK dan Kepala KUA Kecamatan Kuta Alam, H Iqbal SAg MAg serta tamu perangkat gampong lainnya.

Pada saat pelantikan tersebut berlaku penerapan Protokol Kesehatan Corona Vrus Desease (Covid-19) yang ketat. Setiap peserta yang hadir, wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, tetap menjaga jarak (physical distancing) serta tidak ada salam-salaman, baik selama acara maupun setelah pelantikan.

Sesuai Keputusan Wali Kota Banda Aceh Nomor 108 tahun 2020 tentang Susunan Tuha Peut Gampong (TPG) Lamdingin Periode 2020-2026 dengan personel masing-masing Yusfa SH sebagai ketua, Iskandar (wakil ketua) , Fauzi (sekretaris) serta para anggota terdiri dari Fakhrurrazi, Zainuddin Yusuf, Muhammad Firaz, Dadan Romdlon, Anwar Samad dan Ery Effendi.

Dalam kata arahannya, Camat Kuta Alam, Reza Kamilin SSTP menekankan, betapa pentingnya peran Tuha Peut Gampong dalam sistem pemerintahan desa. Berdasarkan peraturan yang berlaku, kata Reza Kamilin,  tugas Tuha Peut Gampong adalah membahas dan menyepakati rancangan Qanun gampong bersama keuchik, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan melakukan pengawasan kinerja keuchik.

“Dari tiga fungsi ini, sudah jelas Tuha Peut Gampong adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati qanun gampong yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan gampong ,” ujar Reza Kamilin.

Reza Kamilin menambahkan, dengan latar belakang yang berbeda-beda, maka Tuha Peut Gampong bisa menjadi kekuatan untuk bisa merumuskan pembangunan di gampong. Para anggota Tuha Peut Gampong harus memiliki kemampuan untuk merumuskan dan menyusun rencana pembangunan berdasarkan aspirasi masyarakat.

"Hubungan yang dinamis dan harmonis antara Keuchik dengan Tuha Peut Gampong adalah kunci sukses pembangunan gampong. Hubungan baik ini perlu terus dipupuk dan dijaga dan harus semakin produktif," sebut Reza Kamilin.

BLT Dana Desa

Pada kesempatan tersebut, Camat Kuta Alam, Reza Kamilin  juga mengingatkan kembali agar pemerintahan gampong segera menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong - Perubahan (APBG-P) tahun 2020 dan melaksanakan Musyawarah Gampong Khusus (Musgamsus) guna menetapkan siapa saja penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa.

Reza mengatakan, hampir semua gampong di Kecamatan Kuta Alam sudah melaksanakan Musyawarah Gampong Khusus (Musgamsus) dan data para calon penerima BLT Sumber Dana Desa sudah dikirim ke kantor camat untuk disahkan oleh camat atas nama Wali Kota Banda Aceh.

Reza Kamilin menambahkan, sebelum Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, target BLT sumber Dana Desa sudah tersalurkan di Kecamatan Kuta Alam. Saat ini, siang malam, ia terus mengawal gampong untuk segera merampungkan proses pencairan BLT tersebut.

"Dengan adanya kebijakan, bisa dengan metode bayar tunai dari Kementrian Desa, Insya Allah, penyaluran dana BLT akan semakin cepat dan mudah,“ pungkas Reza Kamilin.(*)

85 Keluarga Korban Banjir Bandang di Bener Meriah Terima Bantuan dari Kapolres dan Dandim

Dandim 0116/Nagan Raya Bagikan Bingkisan Lebaran dari Kasad untuk Prajurit

Korban Hilang di Muara Krueng Meureubo Ditemukan di Nagan, Ini Jaraknya dari Lokasi Tenggelam

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved