Breaking News:

Haji 2020

Kemenag Siapkan Dua Skenario Penyelenggaran Ibadah Haji Tahun Ini

Kementerian Agama berharap Pemerintah Arab Saudi dapat segera memberikan kepastian terkait penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M.

SERAMBI/BUDI FATRIA
PESAWAT Garuda Indonesia jenis Boeing 777-300 ER yang akan membawa 393 Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 1 Aceh ke Tanah Suci saat berada di Apron Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar. Jamaah yang akan menaiki pesawat melambaikan tangan ke arah para pengantar. 

SERAMBINEWS.COM - Juru Bicara Kementerian Agama, Oman Fathurahman mengatakan Kementerian Agama telah menyiapkan dua skenario terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

“Kemenag sudah menyiapkan mitigasi atas dua skenario penyelenggaraan haji tahun ini. Dua skenario tersebut adalah haji batal atau tetap dilaksanakan,” ujarnya dalam sebuah pernyataan pada Senin (18/5/2020).

Oman mengatakan bahwa mitigasi tersebut juga mencakup langkah yang akan diambil Indonesia jika Kerajaan Arab Saudi tidak kunjung memberi kepastian, sementara waktu persiapan haji sudah dekat.

Kementerian Agama berharap Pemerintah Arab Saudi dapat segera memberikan kepastian terkait penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M.

Pria Ini Rela Habiskan Uang Rp 90 Juta Lebih Demi Bangun Rumah Kucing Peliharaannya, Ini Tampilannya

Info kepastian tersebut diharapkan sudah jelas sebelum berakhirnya bulan Ramadhan tahun ini.

“Kami berharap informasi pasti apakah haji tahun ini diselenggarakan atau batal bisa segera diumumkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Semoga sebelum akhir Ramadan,” ujarnya.

Arab Saudi Tingkatkan Tiga Kali Lipat Tes Covid-19 Harian,  Korban Capai 54.752 Orang

Cegah Penyebaran Covid-19, Arab Saudi Akan Berlakukan Jam Malam Saat Libur Idul Fitri

Menurut Oman, info kepastian penyelenggaran haji penting karena waktunya semakin dekat, sementara Kemenag juga harus melakukan beragam persiapan.

Oman mengaku Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah telah berkoordinasi dengan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI agar bisa ikut mengkomunikasikan hal tersebut melalui Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta.

Kemenag juga melakukan upaya proaktif menghubungi pihak Arab Saudi terkait kepastian penyelenggaraan ibadah haji 1441 H/2020 M.

Nekat Jual Ginjal Demi Membeli iPhone, 9 Tahun Kemudian Nasib Remaja Ini Berakhir Mengenaskan

“Waktu penyelenggaraan ibadah haji semakin dekat. Kami juga telah berkoordinasi dengan Kemenlu RI untuk meminta kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441H/2020M dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi,” ujar Oman. 

Halaman
123
Penulis: Agus Ramadhan
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved