Breaking News:

Donor Darah

Selama Ramadhan, UDD PMI Aceh Utara Berhasil Kumpulkan Darah 508 Kantong

Dalam satu hari UDD PMI Aceh Utara harus mengeluarkan minimal 20 kantong darah untuk pasien di 13 rumah sakit di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Dok UDD PMI Aceh Utara
Petugas UDD PMI Aceh Utara melayani masyarakat yang mendonor darah. 

Laporan Saiful Bahri | Lhokseumawe 

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Pihak Unit Donor Darah (UDD) PMI Aceh Utara selama Ramadhan ini harus bekerja ekstra dalam upaya menanggulangi persoalan krisis darah. Makanya, selama Ramadhan hampir tiap hari mengoperasikan mobil donor untuk mensasar jamaah tarawih ataupun ke lokasi- lokasi keramaian .

Humas UDD PMI Aceh Utara, Dr Fauzi M Kom I, menjelaskan, selama ini pihaknya melayani kebutuhan darah bagi pasien di 13 rumah sakit yang ada di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara. Sehingga satu hari, pihaknya harus mengeluarkan minimal 20 kantong darah.

Kalau dimasa normal dulunya, kebutuhan darah banyak diperolah dari pendonor sukarela dan juga banyaknya kegiatan donor darah massal yang digelar sejumlah instansi. "Namun dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, jumlah pendonor sukarela menurun drastis  dan yang gelar donor darah massal pun tidak ada lagi," ujarnya.

Jadi guna menutupi kebutuhan darah selama Ramadhan, maka pihaknya pun sejak Rabu (29/5/2020) lalu mulai mensasar para jamaah tarawih di masjid-masjid. Disamping juga mencari pendonor di tempat-tempat keramaian.

"Dalam tiga pekan ini, kita ada kerahkan mobil donor ke Masjid Baiturrahman Lhokseumawe, Bujangsalim Aceh Utara, hingga ke Krueng Mane Aceh Utara.  Serta sejumlah tempat keramaian, termasuk terakhirr kemarin malam di depan Kafe QBO. Sehingga total darah yang berhasil kita kumpulkan sebanyak 508 kantong," ujarnya.

Maka selama ini bisa menutupi kebutuhan darah di 13 rumah sakit yang ada di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

"Untuk sekarang ini, sisa darah yang tersedia di UDD hanya 89 kantong, dengan rincian golongan darah A sebanyak 17 kantong, golongan darah B sebanyak 30 kantong, golongan darah O sebanyak 36 kantong, serta AB sebanyak 6 kantong," demikian Fauzi.(*)

Ketahuan Langgar Jam Malam Cegah Virus Corona, Wali Kota Ini Pura-pura Mati Supaya Tak Ditangkap

Pembalap Ini Sebut Marc Marquez ‘Sakti’, Mampu Menang Dengan Motor yang Kurang Baik

Seorang Warga Aceh Utara Kabur dari RSUD Cut Meutia Setelah Posisif Covid-19, Begini Kronologinya

Puasa Syawal, Haruskah dilakukan Secara Berurutan Selama 6 Hari ? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Ini Khatib dan Imam Shalat Jumat 29 Ramadhan 1441 H di Banda Aceh dan Aceh Besar

Penulis: Saiful Bahri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved