163 Kendaraan Dipaksa Putar Balik

Penjagaan ketat mulai diberlakukan di pos-pos perbatasan Aceh-Sumatera Utara (Sumut). Setiap kendaraan yang mencoba masuk ke Aceh

For. Serambinews.com
Petugas mengawal perbatasan Aceh-Sumut di kawasan Aceh Tenggara, Kamis (21/5/2020). 

* Aparat Jaga Ketat Perbatasan Aceh

 BANDA ACEH - Penjagaan ketat mulai diberlakukan di pos-pos perbatasan Aceh-Sumatera Utara (Sumut). Setiap kendaraan yang mencoba masuk ke Aceh dihalau agar memutar balik ke Sumut. Sementara kendaraan pribadi, diizinkan masuk jika bisa menunjukkan surat bebas Covid-19 atau Corona.

Data yang diperoleh Serambi dari Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani SIK MH, total kendaraan yang dihalau petugas sepanjang Kamis (21/5/2020) kemarin mencapai 163 unit dengan jumlah penumpang sebanyak 601 orang.

Data tersebut berasal dari seluruh pos perbatasan, mulai dari Aceh Tamiang, Aceh Tenggara (Agara), Subulussalam, dan Aceh Singkil.

"Total kendaraan roda empat berjumlah 163 unit. Masing-masing mobil pribadi 82 unit, mobil penumpang 77 unit, dan sepeda motor 4 unit. Semua kendaraan itu telah disuruh balik kembali ke Sumut," sebut Dirlantas.

Tim gabungan dikatakan Dicky, akan memeriksa setiap kendaraan yang masuk dan menginstruksikan kepada setiap penumpang agar turun untuk dilakukan penyemprotan disinfektan, dan kemudian dilakukan memeriksa suhu tubuh serta wawancara tentang kepergian penumpang selama seminggu terakhir.

"Dari hasil pemeriksaan itu, penumpang ODP dinyatakan nihil dan PDP juga nihil," kata Dicky lebih lanjut.

Sekat Jalan

Sementara itu, pantauan Serambi di daerah perbatasan Aceh Tamiang, jalan di pintu masuk ke Aceh, persisnya di seputaran Timbangan Perhubungan Seumadam, terlihat sudah disekat. Penyekatan dilakukan oleh tim gabungan yang melibatkan jajaran Polres Aceh Tamiang, Dinas Perhubungan, serta personel dukungan dari Brimob Aramiah.

Seluruh bus yang masuk dihentikan oleh petugas dan selanjutnya diarahkan agar memutar balik ke Sumatera Utara. "Dalam hal ini, fokus kami menyekat setiap kendaraan umum yang mencoba masuk ke Aceh melalui Aceh Tamiang," kata Kasat Lantas Polres Aceh Tamiang, Iptu Andrew Agrifina, Kamis (21/5/2020).

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved