Banjir Aceh Selatan

Delapan Gampong di Labuhanhaji Dikepung Banjir

Hujan lebat yang mengguyur sejumlah kawasan di Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (22/05/2020) sejak pukul 15.00 WIB, mengakibatkan terjadinya banjir....

For Serambinews.com
Hujan lebat melanda sejumlah kawasan di Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (22/05/2020) sejak pukul 15.00 WIB, mengakibatkan sejumlah rumah dan masjid di Kecamatan Labuhanhaji dan Labuhanhaji Barat, Kabupaten Aceh Selatan tergenang banjir dengan ketinggian mencapai 50 hingga 80 sentimeter. 

Laporan : Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Hujan lebat yang mengguyur sejumlah kawasan di Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (22/05/2020) sejak pukul 15.00 WIB, mengakibatkan terjadinya banjir luapan di delapan gampong dalam Kecamatan Labuhanhaji.

Informasi yang diterima Serambinews.com dari Camat Labuhanhaji, Gusmawi Mustafa SE, Jumat (22/05/2020) malam, delapan gampong yang dikepung banjir itu yakni Gampong Pisang, Hulu Pisang, Kota Palak, Gamong Dalam, Gampong Apha, Padang Bakau, Padang Baru, dan Gampong Tengah Baru.

"Akibat banjir ini, dapur milik Afwan yang rumahnya dipinggir sungai hanyut, banjir juga mengancam badan rumah dengan jarak setengah meter lagi. Lalu rumah Azwardi dan Bang Min dapurnya sudah retak. Hingga saat ini banjir belum begitu surut. Hujan turun lagi," kata Gusmawi Mustafa, Jumat (22/05/2020) malam.

Selain di Kecamatan Labuhanhaji, banjir juga mengepung Gampong Panton Pawoh, Kecamatan Labuhan Haji Barat dan mengakibatkan sejumlah rumah dan masjid di gampong tersebut tergenang banjir dengan ketinggian mencapai 50 hingga 80 sentimeter.

Hujan lebat melanda sejumlah kawasan di Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (22/05/2020) sejak pukul 15.00 WIB, mengakibatkan sejumlah rumah dan masjid di Kecamatan Labuhanhaji dan Labuhanhaji Barat, Kabupaten Aceh Selatan tergenang banjir dengan ketinggian mencapai 50 hingga 80 sentimeter.
Hujan lebat melanda sejumlah kawasan di Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (22/05/2020) sejak pukul 15.00 WIB, mengakibatkan sejumlah rumah dan masjid di Kecamatan Labuhanhaji dan Labuhanhaji Barat, Kabupaten Aceh Selatan tergenang banjir dengan ketinggian mencapai 50 hingga 80 sentimeter. (For Serambinews.com)

VIDEO - Israel Peringati 53 Tahun Pendudukan Yerusalem, Orang Yahudi Menari dan Bernyanyi di Jalan

BI Aceh Serahkan Bantuan Alat Produksi dan Bahan Baku Pembuatan Hand Sanitizer

Fajri AMd, salah seorang warga Gampong Panton Pawoh yang saat kejadian berada di lokasi mengungkapkan, kejadian banjir ini terjadi sekitar dua jam setelah hujan turun dan aliran sungai Kreung Baru meluap.

Menurutnya, dampak banjir ini, selain mengakibatkan sejumlah rumah dan tempat ibadah terendam, puluhan hektare lahan persawahan juga ikut terendam.

"Di awal ramadhan, masyarakat baru melakukan penanaman padi sehingga dikahwatirkan kejadian tersebut dapat berpotensi gagal panen karena terendam air dan lumpur banjir," ungkapnya.

Akibat kejadian ini, lanjutnya, kegiatan sholat tarawih di Masjid setempat yang tergenang banjir tersebut tidak dapat dilakukan karena hingga saat ini masih dipenuhi lumpur.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui dinas terkait untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak, apalagi saat ini sedang menjelang hari raya idul fitri.(*)


Ini Penjelasan Humas RSU Cut Meutia Aceh Utara Terkait Pria Reaktif Covid-19 yang Kabur

Forkopimda Bireuen Keluarkan Himbauan Jelang Idul Fitri, Ini Isinya

 

Penulis: Taufik Zass
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved