Plt Gubernur Imbau Warga Tunda Mudik  

Sebagai bagian dari ikhtiar mencegah penularan virus Corona (Covid-19), Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT

IST
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah 

BANDA ACEH - Sebagai bagian dari ikhtiar mencegah penularan virus Corona (Covid-19), Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, mengimbau seluruh masyarakat Aceh untuk tidak pulang kampung, saat merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah, Minggu (24/5/2020) besok. Nova mengajak masyarakat memanfaatkan teknologi komunikasi sebagai sarana silaturahmi tahun ini.

Imbauan tersebut disampaikan Plt Gubernur dalam video singkat yang disebarluaskan oleh Biro Humas dan Protokol Setda Aceh melalui media sosial. Nova mengingatkan masyarakat agar menunda mudik atau pulang kampung saat merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, agar virus Corona tidak menyebar hingga ke gampong-gampong.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh dimana pun berada, agar tidak pulang kampung pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Untuk menjaga ukhuwah, menjalin silaturahim, dan pengobat rindu kepada sanak keluarga, mari kita manfaatkan teknologi komunikasi yang ada. Dengan demikian, silaturahmi tetap terjalin dan penyebaran Covid-19 Insya Allah dapat kita cegah,” ujar Nova.

Selain dituntut untuk meningkatkan kesabaran, menurut Plt Gubernur, umat Islam juga diwajibkan melakukan berbagai upaya pencegahan. Karena itu, sambungnya, untuk mencegah pandemi Covid-19, berbagai upaya sudah dilakukan oleh pemerintah. Mulai dari imbauan sosial distancing, physical distancing, penerapan protokol kesehatan, hingga peraturan terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini membuat kebiasaan Ramadhan agak berbeda dengan sebelumnya.

“Mewabahnya Covid-19 membuat Ramadhan tahun ini terasa berbeda dengan Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya. Kebiasaan dan tata cara beribadah pun sedikit berbeda dengan Ramadhan yang lalu. Hal ini dirasakan juga oleh kaum muslimin di seluruh dunia. Walaupun tidak begitu signifikan, namun kita di Aceh juga merasakan hal yang sama,” kata Nova Iriansyah.

Tak hanya dari sisi ibadah, Covid-19 juga berimbas pada sektor ekonomi masyarakat. Banyak orang kehilangan mata pencaharian, sehingga mengakibatkan terjadinya kesenjangan sosial yang makin besar di tengah-tengah masyarakat. Menyikapi dampak ekonomi dan sosial dari virus tersebut, Pemerintah Aceh bersama pemangku kebijakan terkait sudah menempuh beberapa langkah strategis.

Di antaranya, sebut Nova, social safety net dalam bentuk bantuan bahan pokok yang disalurkan kepada masyarakat terdampak dan pelaksanaan pasar murah di seluruh Aceh. “Kita berharap, langkah tersebut akan mengurangi dampak Covid-19 terhadap sektor ekonomi dan sosial masyarakat Aceh. Sebagai muslim, kita menyadari bahwa berbagai masalah yang terjadi akibat pandemi Covid-19 ini merupakan musibah sebagai ujian yang datang dari Allah SWT,” imbuh Nova Iriansyah.

Sebagai masyarakat yang terkenal religius, ia yakin rakyat Aceh akan sanggup menghadapi musibah ini dengan penuh kesabaran. Apalagi, sebut Nova, Ramadhan sebagai madrasah spiritual sebentar lagi akan berlalu. “Selain mengajarkan kesabaran, Ramadhan juga mendidik kita menjadi hamba yang selalu bersyukur atas nikmat Allah. Syukur yang benar adalah dengan menikmati hidup hanya untuk membesarkan asma Allah dan menyayangi hamba-hamba-Nya. Jadi, mari menunjukkan rasa syukur kita dengan berbagi kebahagiaan kepada saudara se-Iman yang membutuhkan uluran tangan kita,” imbau Nova.

“Akhirnya, atas nama pribadi, keluarga, dan Pemerintah Aceh, saya mengucapkan selamat menyambut Idul Fitri 1441 Hijriah. Minal Aidin wal Faizin, mohon maaf lahir dan bathin. Semoga Ramadhan menempa kita menjadi pribadi yang muttaqin dan Idul Fitri tahun ini mengantarkan kita kembali ke fitrah kemanusiaan,” pungkas Plt Gubernur Aceh. (jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved