Seniman Aceh

Kadis Budpar Aceh Siap Fasilitasi Usulan Seniman Aceh, Ini Usulannya

Disbudpar Aceh Aceh siap merespon usulan seniman Aceh mengisi masa pandemi Covid 19 dengan aktivitas seni secara online.

For Serambinews.com
Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin. 

Laporan Fikar W Eda | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Aceh siap merespon usulan seniman Aceh mengisi masa pandemi Covid 19 dengan aktivitas seni secara online.

Kepala Dinas Budpar Aceh, Jamaluddin, mengatakan hal itu  saat menjawab usulan sejumlah seniman Aceh, agar Dinas Budpar proaktif  memberikan dukungan dan fasilitas terhadap aktivitas berkesenian di Aceh dalam rangka mengisi masa pandemi Covid 19.

"Insya Allah akan kami fasilitasi sesuai anggaran yang tersedia," janji Kadis Budpar Aceh Jamaluddin saat dihubung Serambinews.com, Selasa (26/5/2020).

Tapi Jamaluddin belum merincikan jenis dan bentuk fasilitasi yang akan mereka  berikan dalam mengisi masa pandemi ini.

Sebelumnya dalam diskusi virtual Grup WhatsApp (WA) "Seniman Aceh," Selasa (26/5/2020) pagi, sejumlah seniman Aceh mengusulkan berbagai program dalam rangka memaksimal peran teknologi informasi dalam pengembangan kesenian di Aceh, baik tradisi maupun modern dan kontemporer.

Penggiat literasi, Tabrani Yunis, mengatakan, saat ini dan dimasa depan, pemanfaatan teknologi informasi untuk segala aktivitas online menjadi pilihan yang tak bisa ditolak. "Salah satu pelajaran dari Covid 19 ini kita dipaksa beraktivitas di rumah" katanya.

Ia menyarankan agar Budapar Aceh mulai mengarahkan kegiatan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Seperti workshop, belajar, dan pertunjukan seni dilakukan secara online, termasuk pameran dan menjual karya para seniman.

Aminulah dari Duta Saman Institut bahkan menyarakan pertunjukan seni dan budaya dikombinasikan dengan teknologi yang lain, misalnya penonton seni pertunjukan dengan 3D atau 4D.

Seniman Aceh yang berdomisili di Padangpanjang, Sulaiman Juned,  juga menyatakan, selama pandemi Covid-19. Budpar Provinsi Aceh selayaknya pro aktif melakukan kegiatan pertunjukan seni atau dialog/seminar/ workshop seni secara virtual/daring. 

Halaman
123
Penulis: Fikar W Eda
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved