Berita Aceh Barat

Dampak Abrasi Sebabkan Kerugian Pedagang Mencapai Ratusan Juta Rupiah di Aceh Barat      

Para pedagang café-café kawasan Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat dilaporkan sudah mengalami kerugian hingga ratusan..

SERAMBINEWS.COM/SA'DUL BAHRI
Kondisi abrasi yang mengikis bibir pantai di lokasi wisata di Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Jumat (29/5/2020). 

Laporan Sa’dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH -  Para pedagang café-café kawasan Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat dilaporkan sudah mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah, yang disebabkan mengganasnya abrasi hingga memporakporandakan sejumlah pondok-pondak wisata di sepanjang pantai di wilayah itu.

Sejak beberapa pekan terakhir, perluasan pengikisan bibir pantai saat ini terus berjalan secara perlahan-lahan.

Pondok-pondok wisata tempat berteduhnya para wisatawan lokal yang hancur diseret gelombang yang terjadi pada malam hari, sehingga setiap musibah malam hari pondok-pondok tersebut tidak bisa diselamatkan.

“Kerugian warga sudah mencapai ratusan juta, dengan hancurnya pondok-pondok wisata yang  hampir mencapai Rp 10 juta setiap pondok yang dibangun itu,” kata Teuku Razali, Keuchik Suak Ribee, kepada Serambinews.com, Jumat (29/5/2020).

Ia menambahkan, selain itu, kini sebuah pemakaman umum Tionghoa di pesisir pantai di kawasan Desa Suak Ribee sebagian juga sudah porak-poranda akibat dihantam abrasi gelombang laut yang kian mengganas.

 "Kondisi abrasi yang terus meluas sudah sangat meresahkan warga saat ini, kita berharap pihak terkait segera melakukan penangnan, agar abrasi tidak merambah ke perumahan penduduk di Desa Suak Ribee, dan abrasi itu terjadi di tiga titik lokasi wisata, masing-masing di Dusun I, II dan III,” ungkap Teuku Razali.(*)

VIDEO - Protes Pembunuhan George Floyd, Demonstran Bakar Kantor Polisi di Minneapolis

Anggota TNI yang Ditembak saat Selingkuhi Istri Polisi Meninggal Dunia, Wanitanya Masih Dirawat

Kemenag Aceh Barat Antar Bantuan Untuk Korban Banjir Bandang di Aceh Tengah

  

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved