Update Corona di Abdya

Dinas Kesehatan Abdya Lakukan Rapid Test 27 Warga Abdya dan Sembilan Uji Swab, Ini Hasilnya

Sebanyak 27 warga di salah satu Gampong di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menjalani rapid test, Sabtu (30/5/2020)....

For Serambinews.com
Petugas dari Dinas Kesehatan Abdya mendatangi rumah keluarga I, warga Banda Aceh yang dinyatakan positif corona, Sabtu (30/5/2020). 

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Sebanyak 27 warga di salah satu Gampong di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menjalani rapid test, Sabtu (30/5/2020).

Rapid test itu, dilakukan terhadap saudara dan tetangga, seorang warga Banda Aceh berinisial I (35) yang baru pulang dari Medan, Sumatera Utara dan positif corona yang kini sudah dirawat di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Kamis (28/5/2020) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Sebelum dirawat dan dinyatakan positif,  pada 25 Mei 2020, I bersama istri dan anaknya melakukan perjalanan ke Abdya mengantarkan sang istri untuk merayakan lebaran.

Setelah mengantar sang istri dan anak, I selanjutnya menunju ke Medan melalui jalur Tapaktuan. I dinyatakan positif, pasca mengambil surat rekomendasi atau melakukan uji swab mandiri dari RSUZA untuk berangkat kerja ke Jakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati SST MKes membenarkan bahwa pihaknya sudah melakukan rapid test terhadap tetangga dan saudara yang pernah melakukan kontak dengan I tersebut.

"Iya benar, jumlah yang kita rapid 27 orang, alhamdulillah hasilnya negatif semua," ujar Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati SST MKes, Sabtu (30/5/2020) siang.

Selain rapid test, kata Safliati, pihaknya juga melakukan swab terhadap sembilan orang. Sembilan orang yang diambil sampelnya itu, istri, empat anaknya, mertua, adik dan dua saudaranya.

"Untuk keluarga yang kontak erat, kita ambil sampel swab yang dikirim ke Banda Aceh, untuk tetangga yang kontak kita rapid saja," terangnya.

Ia menerangkan, sembilan orang yang diambil sampelnya untuk swab, tidak dilalukan rapid test, namun harus menjalani karantina mandiri.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang warga Banda Aceh berinisial I (35) yang baru pulang dari Medan, Sumatera Utara dan positif corona, sudah dirawat di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Kamis (28/5/2020) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Pria tersebut ketahuan positif corona justru karena dia melakukan pemeriksaan swab mandiri saat hendak bepergian ke luar Aceh.

 Karena positif corona, I yang terlihat sehat bugar harus diisolasi dan dirawat di Ruang Respiratory Intensive Curative Unit (RICU) RSUZA Banda Aceh.

 Ia mengaku sebelumnya ada melakukan perjalanan ke Medan, kawasan yang dinyatakan sebagai zona merah penyebaran corona di Sumatra.(*)

Grup Musik Instrumental Aceh Tuha Rilis Single Perdana

Rumah Warga Gampong Pucuk Alue Dua, Kecamatan Simpang Ulim,Terbakar

Suami Tidak di Rumah, Seorang Istri Justru Selingkuh dengan 2 Pria Sekaligus, Aksinya Kepergok Warga

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved