Gugus Tugas Nasional

14 Kabupaten/Kota di Aceh Masuk102 Wilayah Direstui Laksanakan Kegiatan Masyarakat Produktif

“Apabila dalam perkembangannya ditemukan kenaikan kasus, maka Tim Gugus Tugas Kabupaten/Kota bisa melakukan penutupan kembali.”

covid19.go.id
Doni Monardo 

“Apabila dalam perkembangannya ditemukan kenaikan kasus, maka Tim Gugus Tugas Kabupaten/Kota bisa melakukan penutupan kembali.”

Laporan Nasir Nurdin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memberikan kewenangan kepada 102 Pemerintah Kabupaten/Kota yang saat ini berada atau dinyatakan dalam zona hijau untuk melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Hal itu sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, pada 29 Mei 2020.

"Kemarin, tanggal 29 Mei 2020, Bapak Presiden Jokowi, memerintahkan Ketua Gugus Tugas untuk memberikan kewenangan kepada 102 Pemerintah Kabupaten/Kota yang saat ini, berada dalam zona hijau, untuk melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman Covid-19,” jelas Doni Monardo di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (30/5/2020).

Adapun 102 wilayah tersebut meliputi Provinsi Aceh ada 14 kabupaten/kota, Sumatera Utara 15 kabupaten/kota, Kepulauan Riau 3 kabupaten, Riau 2 kabupaten, Jambi 1 kabupaten, Bengkulu 1 kabupaten, Sumatera Selatan 4 kabupaten/kota, Bangka Belitung 1 kabupaten, dan Lampung 2 kabupaten.

Update Covid-19 di Aceh, Jumlah ODP 2.041 Orang, PDP 106 Kasus, Dua Pasien Positif Masih Dirawat

Berikutnya, Jawa Tengah ada 1 kota, Kalimantan Timur 1 kabupaten, Kalimantan Tengah 1 kabupaten, Sulawesi Utara 2 kabupaten, Gorontalo 1 kabupaten, Sulawesi Tengah 3 kabupaten, Sulawesi Barat 1 kabupaten, Sulawesi Selatan 1 kabupaten, Sulawesi Tenggara 5 kabupaten/kota.

Kemudian, Nusa Tenggara Timur ada 14 kabupaten/kota, Maluku Utara 2 kabupaten, Maluku 5 kabupaten/kota, Papua 17 kabupaten/kota dan Papua Barat 5 kabupaten/kota.

Namun, sebagaimana dikutip Serambinews.com dari laman https://covid19.go.id tidak ada rincian nama-nama wilayah (kabupaten/kota) yang diberi kewenangan untuk melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman Covid-19 tersebut.

Kasus Corona Arab Saudi Naik Menjadi 83.385 Orang

Dalam implementasinya, Doni Monardo yang juga Kepala BNPB sangat mengharapkan agar tiap-tiap kabupaten/kota tersebut dapat tetap meneruskan anjuran pemerintah untuk selalu menegakkan protokol kesehatan secara ketat, penuh kehati-hatian dan tetap waspada terhadap ancaman Covid-19.

Halaman
123
Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved