Update Corona Nasional

Zona Hijau, Begini Strategi Pelaksanaan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19

"Panduan tersebut memuat sembilan strategi termasuk dalam melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman Covid-19 di zona hijau."

GTPP Covid-19 Pusat/Pusdalops Covid-19 Aceh
Ketua GTPP Covid-19 Pusat, Doni Monardo dan Strategi Pelaksanaan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19. 

"Panduan tersebut memuat sembilan strategi termasuk dalam melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman Covid-19 di zona hijau."

Laporan Nasir Nurdin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan pemerintah memberikan kewenangan kepada 102 kabupaten/kota untuk melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman.

Seperti dikatakan Doni pada konferensi pers di Graha BNPB, Sabtu, 30 Mei 2020, "Bapak Presiden Jokowi memerintahkan Ketua Gugus Tugas untuk memberikan kewenangan kepada 102 pemda melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman.”

Doni melanjutkan, pemerintah berharap masing-masing pemda dapat tetap meneruskan anjuran untuk selalu menegakkan protokol kesehatan secara ketat, penuh kehati-hatian dan tetap waspada terhadap ancaman Covid-19.

Diminta Terapkan New Normal, Ini Daftar 102 Kabupaten Zona Hijau Covid-19 dari Aceh Hingga Papua

Dunia Usaha Sambut Baik Aceh Zona Hijau, Perbankan dan Lembaga Pembiayaan Harus  Normal Kembali

"Saya juga meminta setiap daerah wajib memperhatikan ketentuan tentang testing yang masif, tracing yang agresif, isolasi yang ketat, serta treatment yang dapat menyembuhkan pasien Covid-19," ucap dia.

Menurut Doni, zona hijau berarti belum terdampak penularan Covid-19. "Pemerintah melakukan kategorisasi sesuai tingkat risiko di tiap daerah berdasarkan warna. Untuk zona hijau berarti kabupaten/kota yang belum terdampak, jumlahnya ada 102," ujar Doni pada konferensi pers tersebut.

VIDEO - Wisatawan Padati Objek Wisata Irigasi Ulee Jalan di Nagan Raya

Sabang Buka Kembali Objek Wisata, Hotel, dan Penginapan

Pakar Informatika Penyakit Menular dan Epidemiologi pada Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengatakan ada 11 indikator untuk menentukan sebuah wilayah masuk zona hijau.

"Dengan Menggunakan indikator tersebut sudah terdapat 102 kabupaten/kota yang tidak terdampak sampai dengan hari kemarin," ujar Dewi di Kantor BNPB, Jakarta, Sabtu 30 Mei 2020.

Objek Wisata Lampuuk Aceh Besar Dibuka Lagi, Pengunjung Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, 102 kabupaten/kota tersebut telah dapat menjalankan kehidupan kenormalan baru atau new normal.

Strategi Pelaksanaan

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Pusat juga sudah menerbitkan panduan terkait Stretegi Pelaksanaan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 sesuai arahan Presiden Jokowi.

Panduan tersebut memuat sembilan strategi termasuk dalam melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman Covid-19 di kabupaten/kota berkategori zona hijau.

Pada poin lain Stretegi Pelaksanaan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 disebutkan, “inti keberhasilan masyarakat produktif dan aman Covid-19 adalah kedisiplinan dan kesadaran kolektif dalam mematuhi protokol kesehatan.” (*)

Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved