Dinas Fasilitasi Pekerja Luar Aceh, Untuk Mengurus Surat Rapid Test Saat Pulang

Dinas Mobilitas Penduduk, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dismobduknakertrans) Aceh menyatakan, siap membantu

HUMAS PEMERINTAH ACEH
Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif 

BANDA ACEH - Dinas Mobilitas Penduduk, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dismobduknakertrans) Aceh menyatakan, siap membantu dan memfasilitasi pekerja dari luar Aceh yang ingin pulang ke kampung halamannya untuk mengurus urat keterangan rapid test. Sebab, sebelum berangkat pulang ke kampungnya, para pekerja luar Aceh diharuskan memeriksa diri ke posko pemeriksaan rapid test di Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh maupun Dinkes kabupaten/kota.

"Dismobduknakertrans bersedia memfasilitasi para pekerja dari luar Aceh yang ingin pulang kampung untuk dites lebih dahulu kesehatan tubuhnya dari wabah virus corona menggunakan alat rapid test melalui Dinas Kesehatan Aceh maupun Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan RSUD," kata Kadismobduknakertrans Aceh, Ir Iskandar Syukri kepada Serambi, Kamis (4/6/2020).

Hanya saja, ujar Iskandar Syukri, sampai kini belum ada para pekerja dari luar Aceh yang memohon pengusulan pembuatan surat rapid test tersebut. "Kondisi yang sama juga kita berlakukan untuk pekerja dari luar Aceh yang ingin masuk bekerja ke wilayah Aceh. Ia harus miliki surat rapid test hasil negatif atau surat keterangan swab RT-PCR dengan hasil negatif," tukasnya.

Kebijakan sebagai pelaksanaan protokol kesehatan guna pencegahan penularan virus corona (Covid-19) itu, papar dia, berlaku untuk siapa saja, termasuk pejabat, petugas kesehatan, hingga karyawan BUMN, dan pebisnis. “Artinya, semua orang, kalau ingin berpergian ke luar daerah, ia wajib memiliki surat keterangan rapid test. Kalau ia belum miliki surat itu, orang tersebut tidak diizinkan untuk ke luar kota, apakah ia menggunakan transportasi udara, darat, maupun laut,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kadismobduknakertrans Aceh menerangkan, para pekerja dari luar Aceh yang ingin mendapatkan surat rapid test untuk boleh mengajukannya secara pribadi maupun berkelompok dengan mendatangi ke Kantor Dinas Tenaga Kerja di provinsi maupun di kabupaten/kota. “Boleh juga melalui perusahan tempat ia bekerja dengan mengajukan surat permohonan ke Dismobduknakertrans Aceh atau Disnaker di daerah untuk diberikan surat pengantar pemeriksaan kesehatan tubuh guna mendapatkan surat rapid test dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Aceh atau Gugus Tugas Covid-19 di kabupaten/kota. Setahu saya, rapid test tersebut gratis,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Aceh, dr Hanif yang dimintai konfirmasinya membenarkan bahwa untuk sementara ini rapid test bagi masyarakat yang membutuhkan surat keterangan bebas corona tidak dipungut biaya atau gratis. Kebijakan itu, jelasnya, dilakukan pemerintah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke luar daerah.

“Karena saat ini, sudah mulai diberlakukan protokol kesehatan cegah Covid-19, di mana setiap masyarakat yang ingin ke luar daerah, baik mengunakan transportasi udara, darat, dan laut, ia harus miliki surat rapid test lebih dahulu dengan hasil tesnya negatif terhadap virus corona,” urainya. Untuk mendapatkan surat itu, masyarakat datang ke RSUD untuk dilakukan pemeriksaan atau di-rapid test,” imbuh dia.

Bagi yang hasil pemeriksaannya reaktif atau positif, papar Kadinkes, maka yang bersangkutan diwajibkan melanjutkan pemeriksaan swab melalui RT-PCR. Tujuannya, ulas dia, untuk memastikan reaktif yang terjadi di dalam darahnya itu apakah mengandung virus corona atau tidak. “Sedangkan yang hasilnya negatif, ia tidak diwajibkan melanjutkan pemeriksaan swab. Ia bisa menggunakan surat rapid test dengan hasil negatif itu untuk melakukan perjalanan ke luar daerah,” tukas Hanif.

Untuk Kota Banda Aceh, sebut Kadinkes, layanan pemeriksaan rapid test bisa dilakukan di RSUZA, RSUD Meuraxa, Labotarorium Kesehatan Daerah, Labkes Unsyiah, serta RSU swasta dan lab pemeriksaan kesehatan swasta yang memiliki alat rapid test. "Mulai hari Senin, Laboratorium Kesehatan Daerah yang berada di samping Kantor PLN Wil I Aceh sudah mulai membuka pelayanan pemeriksaan darah menggunakan rapid test secara gratis,” tutup Hanif.(her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved