Breaking News:

Persoalan Sapi Kurus di Saree Harus Segera Ada Solusinya

Anggota Komisi IV DPRRI Ir H TA Khalid, MM meminta Pemerintah Aceh tidak perlu berbalas pantun mencari pembenaran

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/Handover
TA Khalid 

BANDA ACEH – Anggota Komisi IV DPRRI Ir H TA Khalid, MM meminta Pemerintah Aceh tidak perlu berbalas pantun mencari pembenaran untuk meyakinkan publik di medsos atas viralnya sapi kurus di UPTD IBI Saree.

Menurutnya, saat ini yang harus dilakukan, Pemerintah Aceh segera mencarikan solusi penyelesaian secara cerdas, konkret dan terukur terhadap permasalahan sapi malnutrisi (kurus) di Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Inseminasi Buatan dan Inkubator (IBI) Saree Kabupaten Aceh Besar.

Hal tersebut disampaikan Ir. H. TA Khalid, MM, Sabtu (6/6/2020), menyikapi kasus sapi malnutrisi (kurus) yang saat ini sedang viral di media sosial dan jadi pembicaraan luas di masyarakat Aceh. Menurut TA.Khalid, langkah utama yang harus segera

dilakukan Pemerintah Aceh adalah melakukan pemeriksaan  kesehatan secara konfrehensif dan menyeluruh terhadap semua sapi tersebut agar mendapatkan kepastian apakah sapi-sapi itu sudah terjangkit penyakit hewan menular strategis (PHMS) atau tidak, sebelum dikeluarkan dari UPTD IBI Saree.

"Jika hasil pemeriksaan sapi-sapi tersebut tidak terjangkit penyakit PHMS, maka segera dibuat skema dan regulasinya agar dapat diserahkan kepada masyarakat atau  kelompok-kelompok ternak yang sudah berpengalaman dalam pengembangan sapi," kata TA.Khalid dalam keterangan tertulisnya.

TA Khalid juga mengharapkan agar UPTD IBI Saree yang merupakan sarana pendidikan dan pembenihan induk sapi jangan jadikan tempat pengembangan sapi,  apalagi sumber pakan/Lahan Hijauan Ternak (HMT) diUPTD IBI Saree sangat terbatas. Sehingga saat populasi sapi semakin banyak akan kewalahan dalam menyediakan pakannya, seperti yang menjadi masalah saat ini. "Tidak perlu saling menyalahkan dan mencarikan kambing hitam. Saat ini yang terpenting adalah bagaimana mencari solusi secara cepat, tepat dan terukur agar permasalah sapi kurus di UPTD IBI Saree segera terselesaikan", tutup Anggota Komisi IV DPRRI TA Khalid yang juga Ketua DPD Gerindra Aceh. (dan)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved