Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Harga Kopi Gayo Awal Juni 2020 Rp 75 Ribu per Kaleng  

Harga kopi Gayo di tingkat petani di bulan awal Juni 2002 ini mulai merangkak naik dibanding harga bulan Mei. Tapi kenaikan belum signifikan...

Pengusaha kopi Sabirin RB memperlihatkan biji kopi citarasa anggurnya di Timangan Gading, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah. 

Laporan Fikar W Eda | Aceh Tengah

 

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON - Harga kopi Gayo di tingkat petani di bulan  awal Juni 2002 ini mulai merangkak naik  dibanding  harga bulan Mei. Tapi kenaikan belum signifikan dibanding harga sebelum pandemi Covid 19.

Ini disampikan dua petani kopi Gayo,Win Nata Gayo dari Kecamatan Pegasing dan Maharadi, petani yang juga pemilik gerai Bayakmi Coffee Gayo.

Win Nata menyampaikan, harga biji kopi gelondong atau  cherry  pekan ini Rp 75 ribu per kaleng. Satu kaleng  setara 10 bambu sama dengan 13,3 Kg. Bulan Mei harga per kaleng Rp 60 ribu. Terjadi kenaikan Rp 15 ribu. 

Sebelum pandemi Covid harga kopi gelondong rata-rata  Rp 125 ribu per kaleng.

Sementara harga gabah dalam kisaran Rp 23 ribu -25 ribu  per bambu setara  1,3 Kg. Sedangkan biji kopi ijo atau green bean Rp 45 ribu- Rp 55 Ribu per Kg. Sebelum pandemi harga green bean selalu di atas Rp 65 ribu.

"Terjadi sedikit kenaikan dari bulan lalu. Tapi masih kalah jauh dengan harha sebelum Covid," ujar Win Nata Gayo.

Maharadi, yang juga Koordinator Jaringan Anti Korupsi Gayo atau Jang-Ko,  mengatakan, pergerakan harga kopi itu belum tentu terus menaik pada bulan-bulan berikutnya.

"Untuk panen bulan September-Desember, belum ada jaminan stabil, malah khawatir menurun, dampak dolar melemah, America bergejolak soal rasis, apalagi akan ada pemilu pemilihan presiden di America, pasar ekspor kopi gayo itu diserap oleh pasar America sekitar 80 persen," kata Maharadi mengenai situasi politik dan ekonomi di Amerika.

Faktor lain, lanjut Maharadi, produksi kopi dunia bakal melimpah sebab mengalami panen raya. "Asumsinya kopi Gayo akan berdampak kedua indikator ini," ujar Maharadi.(*)

Dyah Erti Idawati: New Normal Life Bukan Berarti Terbebas dari Corona

Kakek Kreatif Sulap Mobil Pick-up Tahun 80-an Pakai Mesin Motor Shogun, Bisa Maju Mundur

Tahun 2020, Pemkab Nagan Raya Perioritas Pasang Lantai Masjid Giok

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved