Breaking News:

Berita Luar Negeri

OKI Undang Seluruh Negara Anggota, Bahas Rencana Israel Caplok Wilayah Palestina

Konferensi yang dihadiri oleh seluruh Menteri Luar Negeri anggota OKI akan diselenggarakan secara daring pada tanggal, Rabu (9/6/2020).

ANADOLU AGENCY/ASHRAF AMRA
SEJUMLAH warga Palestina memegang bendera Palestina saat mereka menggelar demonstrasi setelah "Great March of Return", yang diselenggarakan untuk menandai peringatan ke-42 "Land Day", menuntut hak untuk kembali dan penghapusan blokade di perbatasan Gaza-Israel di Khan Yunis, Gaza pada 12 April 2018. 

SERAMBINEWS.COM - Sekretariat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) telah mengundang seluruh negara anggota OKI untuk menghadiri Konferensi Tingkat Menteri Luar Biasa.

Konferensi yang dihadiri oleh seluruh Menteri Luar Negeri anggota OKI akan diselenggarakan secara daring pada Rabu, (9/6/2020).

Dalam keterangan yang diterima Serambinews.com, Selasa (9/6/2020), pertemuan luar biasa ini akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, yang juga sebagai Ketua Komite Eksekutif OKI. 

Semenanjung Korea Memanas, Korea Utara Putuskan Semua Hubungan Komunikasi dengan Korea Selatan

Tony Dunne, Mantan Pemain Manchester United Era 1960 Tutup Usia

Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas situasi terkini di Palestina, khususnya rencana Israel untuk menganeksasi atau mencaplok sebagian wilayah Palestina di Tepi Barat.

Rencana itu terjadi pasca kesepakatan pembentukan pemerintahan koalisi antara Benyamin Netanyahu dan Jenderal Benny Gantz.

Cina-AS Buka Perang Dingin di Afrika, Sama-sama Klaim Sebagai Pendukung Terbesar

Adik Kim Jong Un Unjuk Gigi, Ancam Putuskan Hubungan dengan Korea Korea Selatan Mulai 9 Juni 2020

Indonesia yang juga menjadi anggota OKI pada pertemuan tersebut, akan dipimpin langsung oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

Menteri Luar Negeri RI akan menyampaikan pandangan Pemerintah Indonesia serta usulan berupa langkah-langkah konkrit yang perlu dipertimbangkan dalam pertemuan tersebut.

Menurut rencana, pada akhir pertemuan, para menteri luar negari OKI akan mengesahkan dokumen akhir berupa resolusi.

Resolusi tersebut akan memuat antara lain dorongan kepada seluruh negara anggota OKI untuk mengambil langkah-langkah politik, hukum, dan ekonomi sebagai tanggapan atas rencana aneksasi wilayah Palestina oleh Israel tersebut.

Sebelumnya, Tribunjogja.com pada Senin (8/6/2020) memberitakan terkait rencana politik perluasan di wilayah Tepi Barat, Palestina.

Mantan Pemimpin Jihad Islam Palestina Ramadan Shalah Meninggal Dunia, Ini Kisah Perjuangannya

Hari Ini 53 Tahun Lalu, Perang Arab-Israel Meletus hingga Palestina Kehilangan sebagian Wilayahnya

Halaman
12
Penulis: Agus Ramadhan
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved