Berita Aceh Malaysia

Komunitas Aceh di Malaysia Fasilitasi Pemulangan Pekerja Migran Asal Aceh, Ini Tahapan dan Syaratnya

pihak KMAM mengatakan kewenangan pemulangan PMI asal Aceh ini sepenuhnya menjadi kewenangan dan tanggung jawab Pemerintah Aceh dan kab/kota.

Foto kiriman Jafar Insya Reubee
Pengurus Komunitas Melayu Aceh Malaysia (KMAM), Kamis (11/6/2020) menggelar rapat terbatas untuk membahas nasib dan kemungkinan memulangkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Aceh yang ingin kembali ke kampung halaman tapi terkendala dokumen dan transportasi. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Komunitas Melayu Aceh Malaysia (KMAM) mulai mendata Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Aceh yang ingin kembali ke kampung halaman, namun terkendala dokumen dan transportasi.

Meski demikian, pihak KMAM mengatakan kewenangan pemulangan PMI asal Aceh ini sepenuhnya menjadi kewenangan dan tanggung jawab Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota asal PMI.

“Komunitas masyarakat Aceh di Malaysia hanya bertindak semata-mata sebagai penyambung lidah PMI asal Aceh di Malaysia.

Komunitas ini kemudian dengan sukarela atas dasar semangat solidaritas kepada PMI asal Aceh mencoba untuk membantu PMI asal Aceh dengan melakukan langkah-langkah untuk memfasilitasi pemulangan PMI asal Aceh,” tulis Presiden KMAM, Datuk Mansyur Bin Usman dalam siaran pers yang diterima Serambinews.com, Kamis (11/6/2020) sore.

“Jadi, apa yang dilakukan oleh orang-orang tua kita bersama tokoh-tokoh Aceh di sini adalah mencoba menyampaikan aspirasi PMI asal Aceh yang ingin pulang ke daerah asal kepada pemangku kepentingan di Aceh, baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota se-Aceh,” imbuhnya.

Datuk Mansyur bin Usman, Presiden Komunitas Melayu Aceh Malaysia.
Datuk Mansyur bin Usman, Presiden Komunitas Melayu Aceh Malaysia. (IST)

Anggota Komunitas Aceh di Malaysia, Jafar Insya Reubee menambahkan, kebijakan untuk mendata PMI yang ingin kembali ke Aceh, dilakukan oleh pihak KMAM menyusul pembatasan dan pengetatan aturan oleh pihak Kerajaan Malaysia terhadap para pekerja asing.

Hal ini kemudian menimbulkan banyak kasus pekerja Aceh yang kini hidup tidak menentu di negeri jiran itu.

Pihak KMAM menerima banyak permintaan dari orang tua dan keluarga pekerja migran asal Aceh untuk memfasilitasi pemulangan anak dan keluarganya kembali ke Aceh.

Komunitas Aceh Malaysia Salurkan Bantuan Pangan di Gombak  

Warga Aceh di Malaysia Sudah Bagi 117.500 Paket Bako, KMAM Berharap Bantuan dari Aceh Segera Tiba

Berikut bunyi lengkap siaran pers serta contoh Formulir Pendaftaran Pemulangan PMI Aceh yang dikirim oleh Datuk Mansyur Usman kepada Serambinews.com, sore tadi.

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yth. Masyarakat Aceh di Malaysia,

Halaman
1234
Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved