Breaking News:

Worskhop

Dosen Uniki dan Unimal Ikut Workshop Jarak Jauh

Dari paparan materi workshop, di masa pandemi Covid-19 ini penggunaan ebook meningkat, salah satunya laporan penggunaan aplikasi iPusnas.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
hand over dokumen pribadi
Rektor UNIKI, Dr Marwan Hamid MPd 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM - Rektor serta dosen Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen bersama dosen Universitas Malikusssaleh dan puluhan dosen lainnya, Senin (15/06/2020) mengikuti workshop pengembangan buku digital interaktif, produktif menulis di masa pandemic covid-19.

Kegiatan berlangsung secara online mulai pukul 10.00-12.00 WIB, Senin (15/06/2020) dengan pemateri Dr Eng Muhammad Ashar ST MT dari Malang Jawa Timur,  dipandu Staf Universitas Malang. Rektor UNIKI, Dr Marwan Hamid MPd kepada Serambinews.com mengatakan, masing-masing peserta duduk dengan laptop masing-masing, mendengar pemaparan, diskusi serta tanya jawab pada waktu yang disediakan.

Kegitan worskhop  berlangsung lancar dan sangat bermanfaat untuk dosen dan kampus UNIKI maupun Kampus Unimal Lhokseumawe. 

Ditambahkan Marwan, kehidupan kampus kedepan dapat dipastikan semua akan menggunakan learning digital, termasuk buku, modul, kitab-kitab, eBook dan eLainnya sangat mudah dibawa kemana saja, murah harganya, memikiki keaslian hak cipta dan sesuai dengan zaman era globalisasi dewasa ini.

Kegiatan ebook akan ditindak lanjut dalam bentuk kerja sama Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) Disruptive Learning Innovation (DLI) Universitas Malang dengan UNIKI Bireuen dan Unimal lhokseumawe.

Disebutkan,dari paparan materi workshop, di masa pandemi Covid-19 ini, penggunaan ebook meningkat, salah satunya laporan penggunaan  aplikasi iPusnas. Pada periode 8-14 Maret jumlah pengunduh iPusnas berada di angka 8.238, lalu melonjak tajam pada periode 29 Maret-4 April
encapai angka 42.645.

Hal tersebut memiliki keterkaitan dari hasil riset bahwa minat baca meningkat tetapi daya baca menurun, karenanya dengan ada ebook berharap akan meningkatnya daya baca masyarakat.

Selanjutnya Dr Eng Muhammad Ashar ST MT sebagai ketua PUIPTLDI Universitas Malang
menyampaikan perkembangan ebook store sangat pesat saat ini, Muhammad juga mendemonstrasikan cara ebook dalam aplikasi ePUB baik dalam buku manual maupun buku digital.

Dibagian akhir Muhammmad menyampaikan sangat antuis para dosen mengikuti dan siap dampingi sesuai kebutuhan dosen.

Fadli Syah SSi MT sebagai penulis sudah lebih 30-an buku diterbitkan dalam workshop online  menyampaikan untuk bisa menulis buku yang baik dan bagus harus dekat penulis buku dan harus menyukai kegiatan menulis.

“Banyak kiat-kiat menulis buku disampaikan serta manfaat dari segi keuangan bagi dosen dan manfaat akademis bagi kampus, pemateri terakhir  Fandi Arfabuas mendemontrasikan aplikasi digital eBook,” ujar Marwan.(*)

UPDATE Covid-19 Indonesia 15 Juni 2020: Bertambah 1.017, Total 39.294 Kasus, 15.123 Pasien Sembuh

Kembar Tiga, Daehan, Minguk dan Manse Pernah Dapat Perlakuan Rasis di Perancis, Cerita Song Il Gook

Dewan Kecewa, Pembahasan Covid-19 di Pidie Diagendakan Ulang karena Ini, Begini Tanggapan Wabup

Kisah Cinta Kareena Kapoor dan Saif Ali Khan, Ditentang Keluarga karena Beda Agama, Dilamar 2 Kali

Ratusan CPNS di Pidie Pertanyakan SK 100 Persen,Ini Penjelasan Kepala BKDSDM

Lima Warga Lhokseumawe & Aceh Utara yang Positif Covid-19 Mulai Dirawat di Tiga Ruang Isolasi RSUCM

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved