Breaking News:

Salam

Ciptakan Zona Hijau agar Anak-anak bisa ke Sekolah  

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menyatakan, pembelajaran tatap muka akan dilakukan secara bertahap

Serambi/Abdullah Gani
Kepala MIN 12 Pidie Jaya melaksanakan upacara pada hari pertama pembukaan sekolah di Ulim, Senin (15/6/2020). 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menyatakan, pembelajaran tatap muka akan dilakukan secara bertahap di sekolah yang berada dalam zona hijau. Yang akan dibuka lebih dulu afalah mulai jenjang SMP, SMA, dan SMK. Jika selama dua bulan penyelenggaraan sekolah jenjang SMP dan SMA sederajat berjalan lancar tanpa penemuan kasus Covid-19, maka jenjang SD/MI dan SLB dibuka. Serta, jenjang usia dini diperkirakan baru akan dibuka sekitar lima atau enam bulan lagi.

Dalam Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid‑19 dijelaskan, sekolah‑sekolah yang akan dibuka juga harus memenuhi tiga syarat utama. Yaitu, berada di zona hijau, mendapatkan izin dari pemerintah setempat, serta memenuhi semua daftar periksa kesiapan membuka sekolah.

Apakah di Aceh akan ada sekolah yang boleh dibuka? Menurut Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan (PKK Kemenkes), kemarin, ada 92 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia yang masuk dalam zona hijau. Di Provinsi Aceh, yang termasuk zona hijau adalah Kabupaten Bireuen, Kota Langsa, Nagan Raya, Pidie Jaya, Kota Subulussalam, Kota Sabang, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, dan Aceh Barat. Sedangkan Banda Aceh, Pidie, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Tamiang, Gayo Lues, Bener Meriah, Abdya, dan Simeulue hingga kemarin tidak termasuk zona hijau.

Zona hijau adalah salah satu kategori wilayah saat pandemi Covid‑19. Penggunaan warna dimaksudkan untuk menandai tingkat bahaya dari pandemi tersebut serta bagaimana protokol kesehatan yang harus diterapkan dan dipatuhi masyarakat di zona itu. Menurut Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 440‑830 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Hidup Baru, kriteria zona hijau adalah  jumlah penderita positif dan jumlah PDP/ODP menurun selama setidaknya 14 hari. Jumlah kematian yang dimakamkan dengan protokol Covid‑19 menurun selama setidaknya 14 hari, serta penularan langsung Covid‑19 pada petugas kesehatan menurun. Sedangkan menurut Color Zone Pandemic Response Version 2, zona hijau berarti negara atau wilayah tanpa kasus yang dikonfirmasi dan tidak ada juga infeksi yang datang dari negara lain.

Meski sudah dinyatakan sebagai zona hijau, untuk menyelenggarakan sekolah di musim pandemi ini harus mendapat izin dari gubernur, bupati, dan wali kota. Sekolah-sekolah itu ada yang berada langsung di bawah kendali pemerintahan provinsi selain pemerintahan kabupaten/kota.

Untuk mendapat izin itu, sekolah-sekolah sudah harus lebih dulu memenuhi kriteria protokol kesehatan. Syarat protokol kesehatan di sekolah pada musiam pandemi Corona di antaranya tersedia sarana sanitasi dan kebersihan. Yakni, toilet bersih, sarana cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun atau cairan pembersih tangan, dan disinfektan.

Saat belajar nanti, kondisi siswa di kelas juga tidak bisa penuh. Artinya, jika kondisi biasa ada 28‑30 siswa dalam satu kelas, maka pada masa pandemi Covid‑19 ini jumlah siswa yang masuk hanya 18 siswa. Dalam masa transisi ini (dua bulan pertama), hanya ada aktivitas di kelas. Artinya, siswa hanya masuk ke kelas dan mengikuti pembelajaran tatap muka di kelas, setelah itu pulang. Aktivitas ekstrakurikuler dan kegiatan lain di sekolah yang bisa mengumpulkan banyak siswa maka akan ditiadakan. Termasuk kantin dilarang buka.

Dan, yang paling penting juga kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan, termasuk protokol pencegahan penyakit menular, seperti jarak sosial, cuci tangan, dan pemakaian masker. Pengembangan proses respons cepat untuk menguji gejala yang terkait dengan warga domestik juga perlu dilakukan. Selain itu, pemberlakuan tes di perbatasan untuk individu yang bepergian dari zona kuning atau oranye dengan tujuan untuk mengidentifikasi individu yang bergejala, misalnya demam atau batuk. Penumpang yang datang dari kendaraan yang sama, seperti pesawat, kereta, bus, dan mobil, juga diwajibkan untuk melakukan tes.

Harapan kita tentunya semua kabupaten kota di Aceh menjadi zona hijau agar anak-anak cepat bisa belajar di sekolah. Sebab, terlalu lama membatasi hubungan sosial mereka pasti ada masalah psikologis bagi anak-anak.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved