Bupati Bireuen Terima Penghargaan dari BNN Pusat  

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen menerima penghargaan dari BNN Pusat atas peran sertanya dalam program alternatif

FOTO KBR
Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi menerima penghargaan dari BNN Pusat, yang diserahkan oleh Kepala BNNP Aceh, Drs Heru Pranoto MSi di Pendopo Gubernur Aceh, Jumat (26/6/2020). 

BIREUEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen menerima penghargaan dari BNN Pusat atas peran sertanya dalam program alternatif development dan penerbitan qanun fasilitasi pencegahan narkotika. Program alternatif development berupa penanaman hingga panen jagung di area seluas 11.017 hektare di Bireuen tahun anggaran 2019-2020.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala BNN Provinsi Aceh, Drs Heru Pranoto MSi kepada Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi dalam peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) di Pendopo Gubernur Aceh, Jumat (26/6/2020).

Peringatan HANI dihadiri Wakil Presiden dan para menteri. Disaksikan pula secara virtual di Pendopo Gubernur oleh Gubernur Aceh, Wali Nanggroe, Kasdam Iskandar Muda, Wakapolda, Wakajati, dan Wakil Ketua DPRA Dalimi, serta Wali Kota Banda Aceh.

Bupati Bireuen menjelaskan, penyerahan penghargaan ini didasari oleh prakarsa dan kerja sama Pemkab Bireuen dengan BNN Pusat dan daerah, dengan menetapkan grand desain pembangunan ekonomi masyarakat. Selama ini, lahan ganja dialihfungsikan ke jagung di areal 11.017 hektare. Selain itu Pemkab Bireuen juga berkontribusi dalam penerbitan qanun grand desain kawasan antinarkoba.

"Upaya tersebut telah menunjukkan hasil yang signifikan. Angka kemiskinan di Bireuen turun dari angka 14,8 persen pada 2017 menjadi 13,6 persen pada tahun 2019," kata Muzakkar.

Pihaknya terus berupaya untuk membasmi narkoba di kabupaten tersebut sekaligus memberdayakan ekonomi masyarakat. "Kita akan perluas lahan tanam jagung dan palawija lainnya melalui kerja sama dengan berbagai leading sektor terkait untuk meningkatkan denyut ekonomi masyarakat," ujar Bupati Bireuen.(kbr)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved