Program Bank Aceh Peduli, BAS Cabang Lhokseumawe Bantu Etnis Rohingya

Manajemen PT Bank Aceh Syariah (BAS) Cabang Lhokseumawe, Jumat (26/6/2020), langsung turun ke lokasi penampungan etnis Rohingya

DOK BANK ACEH LHOKSEUMAWE
Pemimpin Bank Aceh Syariah Cabang Lhokseumawe, Iskandar, menyerahkan sembako bantuan kepada muslim Rohingya yang diterima Plh Kadis Sosial P3A Aceh Utara, Faiziah, di Kantor Eks Imigrasi Lhokseumawe, kawasan Blang Mangat, Jumat (27/6/2020). 

Bantuan ini, menurutnya, adalah bentuk kepedulian Bank Aceh Syariah untuk membantu Pemkab Aceh Utara dan Pemko Lhokseumawe dalam menangani warga Rohingya yang berada di penampungan. Iskandar juga berharap kepada donatur lain agar ikut membantu warga Rohingya terdampar di Aceh dan kini sudah berada di tempat penampungan.

Manajemen PT Bank Aceh Syariah (BAS) Cabang Lhokseumawe, Jumat (26/6/2020), langsung turun ke lokasi penampungan etnis Rohingya di Eks Kantor Imigrasi Lhokseumawe, kawasan Blang Mangat. Tujuannya, untuk menyerahkan bantuan kepada muslim Rohingya yang terdampar ke perairan Aceh Utara, beberapa hari lalu. Bantuan yang disalurkan melalui “Program Bank Aceh Peduli” itu berupa sembako.

Bantuan untuk pengungsi Rohingya itu diserahkan Pemimpin Bank Aceh Syariah Cabang Lhokseumawe, Iskandar, didampingi Kabag Umum, Anwar, melalui Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Aceh Utara, Fauziah SE, mewakili Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib. 

Bank Aceh Syariah juga menjadi donatur pertama yang menyalurkan bantuan masa panik kepada etnis Rohingya melalui Dinas Sosial P3A Aceh, setelah semalam mereka yang berjumlah 94 orang ditampung di bekas kantor Imigrasi Lhokseumawe tersebut. Bantuan yang disalurkan berupa beras 10 sak (1 sak ukuran 15 kilogram), minyak goreng 36 kilogram, telur 50 papan, air mineral 20 kotak, gula 20 kilogram, dan mi instan 20 kotak.

Setelah diserahkan oleh Bank Aceh Syariah Lhokseumawe, Dinas Sosial P3A Aceh Utara kemudian langsung meneruskan ke petugas Imigrasi Lhokseumawe sebagai panitia pengumpulan bantuan. Hadir dalam penyerahan bantuan itu Kapolsek Blang Mangat, dan petugas Imigrasi setempat.

“Sebelum kita serahkan bantuan tersebut, kita berkoordinasi dulu dengan Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib dan Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya, menanyakan bantuan apa yang sangat dibutuhkan oleh warga Rohingya saat ini,” ungkap Iskandar. Setelah itu, tambah Iskandar, pihaknya baru menyediakan bantuan yang dibutuhkan yaitu sembako dan kemudian diantar langsung ke lokasi. “Bantuan ini bersumber dari dana Sosial PT Bank Aceh Syariah Cabang Lhokseumawe,” kata Iskandar.

Bantuan ini, menurutnya, adalah bentuk kepedulian Bank Aceh Syariah untuk membantu Pemkab Aceh Utara dan Pemko Lhokseumawe dalam menangani warga Rohingya yang berada di penampungan. Iskandar juga berharap kepada donatur lain agar ikut membantu warga Rohingya terdampar di Aceh dan kini sudah berada di tempat penampungan.

“Muslim Rohingya adalah saudara kita. Jadi, sudah seharusnya kita saling membantu untuk meringankan beban mereka selama mereka berada di lokasi penampungan, sambil menunggu langkah-langkah penanganan selanjutnya dari pihak pemkab atau pemko setempat,” timpal Iskandar.

Bank Aceh Syariah, tambah Iskandar, selama ini selalu tanggap untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dengan menggunakan dana sosial dan dana CSR. “Misalnya ketika terjadi bencana atau ada yang membutuhkan bantuan seperti muslim Rohingya, apalagi bantuan untuk masa panik, kami harus tanggap dan cepat merespons,” pungkas Iskandar.

Sementara itu, Plh Kepala Dinas Sosial P3A Aceh Utara, Faiziah SE, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bank Aceh Syariah Cabang Lhokseumawe dan manajemen Bank Aceh Syariah yang sudah membantu warga Rohingya. “Tadi (kemarin) pimpinan Bank Aceh Syariah mengantar langsung bantuan ke lokasi penampungan warga Rohingya,” ungkap Faiziah. (*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved