Breaking News:

Berwudhuk Sebelum ke Sekolah

Jika semuanya berjalan sesuai dengan rencana tahapan new normal Covid-19, sekolah-sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan

FOR SERAMBINEWS.COM
Rachmat Fitri, Kepala Dinas Pendidikan Aceh. 

* Anjuran untuk Guru, Tendik, dan Siswa

* Belajar Tatap Muka Mulai 13 Juli

BANDA ACEH - Jika semuanya berjalan sesuai dengan rencana tahapan new normal Covid-19, sekolah-sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh akan kembali beraktivitas pada 13 Juli mendatang. Sehubungan dengan momen penting itu, Disdik Aceh sudah merancang skenario pembelajaran tatap muka yang  bertumpu pada prinsip dasar protokol kesehatan (prokes).

Prinsip dasar tersebut meliputi: guru, tenaga pendidikan (tendik), dan siswa tidak menularkan Covid-19; guru, tendik, dan siswa dari zona merah tidak diperbolehkan mengikuti PBM tatap muka; menjaga jarak (social distancing and physical distancing; serta tidak ada jual beli makanan dan minuman di lingkungan sekolah/madrasah.

Prinsip dasar lainnya adalah pihak sekolah harus selalu berkonsultasi dengan otoritas kesehatan, tidak menggunakan penanda kehadiran secara 'fingerprint', dan warga sekolah yang berasal dari keluarga orang dalam pengawasan (ODP) dilarang ke sekolah.

Hal itu dinyatakan Kepala Disdik Aceh, Drs Rachmat Fitri HD MPA kepada Serambi, Selasa (30/6/2020) sore, menjelang masuknya tahun ajaran baru 2020/2021 terhitung 1 Juli besok.

Pihaknya mengaku telah mengatur sedemikian rupa prinsip dasar protokol kesehatan di bidang pendidikan di Aceh. Cakupannya meliputi aktivitas personal yang harus dilakukan guru, tendik, dan siswa sejak dari rumah ke sekolah, selama di berada sekolah, dan kemudian dari sekolah ke rumah.

Aktivitas sejak dari rumah bagi guru, tendik, dan siswa yang muslim misalnya adalah dianjurkan berwudhu sebelum berangkat ke sekolah; menggunakan masker, dan tidak mengidap sindrom Covid-19. Selain itu, semuanya harus mengenakan pakaian yang bersih, membawa makanan dan minuman dari rumah, dan tetap menerapkan protokol social distancing saat mengendarai mobil maupun sepeda motor.

Aturan selama berada di sekolah lain lagi. Guru, tendik, dan siswa wajib diperiksa suhu tubuhnya; cuci tangan dengan sabun dan air mengalir; selalu pakai masker; selalu jaga jarak (tidak berkerumun dan tidak bersentuhan). Harus pula rutin cuci tangan dan melaporkan kepada pimpinan sekolah jika ada keluhan kesehatan, serta menghindari aktivitas yang melibatkan kontak fisik.

Diatur juga bahwa makan dan minum pada jam istirahat dilakukan di luar ruangan dengan memperhatikan protokol kesehatan. "Adapun kegiatan ibadah dilakukan secara bergantian dengan menggunakan perlengkapan sendiri," ujar Kadis Pendidikan Aceh itu.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved