Breaking News:

Berita Aceh Barat

4 Desa di Aceh Barat Belum Salurkan BLT, Salah Satunya Desa Bukit Jaya, Ternyata Penyebabnya Unik

Penyaluran bantuan langsung dana desa (BLT-DD) tahap I ternyata belum rampung seluruhnya di Kabupaten Aceh Barat hingga Kamis (2/7/2020).

Serambinews.com
Erni Wanti, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Barat 

Laporan Sa’dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Penyaluran bantuan langsung dana desa (BLT-DD) tahap I ternyata belum rampung seluruhnya di Kabupaten Aceh Barat hingga Kamis (2/7/2020).

Tercatat, dari total 322 desa yang ada di kabupaten itu, ada empat gampong yang belum menuntaskan pembagian bantuan sosial (bansos) bagi warga terdampak pandemi Covid-19 itu.

Uniknya, penyebab keempat desa tersebut belum selesai penyaluran BLT-DD tahap pertama itu beragam, mulai permasalahan data penerima yang belum valid, belum ada Pjs keuchik, hingga yang paling unik tidak ada lagi penduduk di gampong tersebut.

Gampong yang batal menyalurkan BLT-DD lantaran ketiadaan penduduk itu adalah Desa Batu Jaya, Kecamatan Kaway XVI. Pasalnya, meski Batu Jaya masih terdaftar sebagai salah satu desa di Aceh Barat, namun ternyata gampong itu tidak ada lagi penduduknya.

Alhasil, penyaluran BLT-DD pun tidak bisa dilakukan lantaran sudah tidak ada penerimanya. Kondisi Desa Batu Jaya yang tidak ada lagi penghuninya itu sudah terjadi sejak konflik GAM-RI, sehingga jangankan BLT, untuk alokasi dana desa juga tidak ada lagi ke gampong tersebut.

10 Hektar Lebih Lahan Gambut Aceh Barat Terbakar, Pemadaman Masih Dilakukan

Naik Sepeda Motor, Danrem 012 Teuku Umar Tinjau TMMD Kodim Nagan Raya

Enam Warga Aceh Jaya Negatif Corona Setelah Uji Swab

Sebaliknya, Desa Babah Meulaboh, Kecamatan Kaway XVI belum menyalurkan bantuan sosial (bansos) terkait Covid-19 itu karena belum ada Pjs keuchik lantaran keuchik lama telah habis masa jabatannya.

Lain lagi permasalahan di dua desa lainnya karena belum validnya data penerima BLT tersebut, sehingga belum bisa disalurkan guna mengantisipasi terjadinya kericuhan di gampong bersangkutan. Kedua gampong yang data penerima BLT belum valid itu masing-masing adalah Desa Drien Caleu dan Blang Dalam.

“Saat ini, jumlah desa yang sudah menyalurkan BLT di Aceh Barat mencapai 318 desa, dan dalam bulan ini semuanya akan tuntas penyalurannya, kecuali Desa Batu Jaya, Kecamatan Kaway XVI lantaran tidak ada perpenduduk lagi,” ungkap Erni Wanti, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Barat kepada Serambinews.com, Kamis (2/7/2020).

Ia menambahkan, sejauh ini penyaluran BLT tersebut telah dilakukan sesuai dengan ketentuan. Khusus untuk desa yang mengalami kendala, urai dia, akan segera dilakukan penyesuaian seperti menunggu adanya penunjukan Pjs keuchik dan kevalidan data penerima.

Unsam Langsa Gelar Simulasi Penanganan Covid-19 Bagi Calon Mahasiswa Baru

Personil Kodim Aceh Jaya Tes Urine Mendadak, Ini Kata Dandim

Air Mata Zuraida Hanum Tanggapi Hukuman Mati, Bicara Wanita yang Dibelikan Mobil oleh Jamaluddin

“Kita perkirakan dalam waktu dekat ini semua desa akan menuntaskan penyaluran BLT tahap pertama, seperti Desa Babah Meulaboh jika sudah ada Pjs keuchik tentu bantuan tersebut akan segera disalurkan,” pungkas Erni Wanti.(*)

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved