Video

VIDEO - Fakta Unik Tentang Aceh, Mulai dari Masjid Megah, Surga Kopi Hingga Ganja Terbaik

Aceh pernah dilanda tragedi besar yang menyedihkan yakni gempa dan tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 silam.

SERAMBINEWS.COM - Berikut beberapa hal yang setidaknya cukup melekat tentang Aceh.

Masjid yang Punya Parkir Underground
Area parkir bawah tanah dari Masjid Raya Baiturrahman ini tentunya tidak kalah keren dari parkir bawah tanah yang ada di Mall ataupun hotel berbintang lima.

Kuburan Massal dan Museum Tsunami
Aceh pernah dilanda tragedi besar yang menyedihkan yakni gempa dan tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 silam.

Untuk mengenang hal tersebut maka dibangunlah Museum Tsunami sebagai peringatan untuk mengenang tragedi bencana tersebut.

Tidak hanya itu, karena bencana itu Aceh mempunyai kuburan massal dari korban jiwa yang meninggal setelah kejadian Tsunami.

Surga bagi Pecinta Kopi
Bagi para pecinta kopi tentunya akan setuju bila Aceh menjadi satu daerah bagi para penggemar kopi. Ada banyak jenis kopi dengan cita rasa yang khas dari Aceh seperti kopi Gayo dan kopi Ulee Kareng.

Perempuan dengan Mahar Fantastis
Sebagian besar perempuan aceh berasal dari perpaduan banyak ras di dunia seperti etnis Tionghoa, India, Eropa hingga Arab, sehingga parasnya pun tidak diragukan lagi.

Pahlawan Wanita terbanyak di Dunia
Diantaranya adalah Ratu Nahrisyah, Sri Ratu Tajul Alam Safiatuddin Syah, Sri Sultan Nurul-Alam Naqiatuddin Syah, Sultanah Inayat Zakiatuddin Syah, Ratu Kamalat Zainatuddin Syah.

Memiliki Dua Warisan Dunia Non Benda dari UNESCO
Pada bulan Juli 2004 lalu, UNESCO menetapkan bahwa Hutan Hujan Tropis Sumatera sebagai warisan dunia non benda menyertakan Taman Nasional Gunung Leuser yang 70% luas hutannya berada di provinsi Aceh Kemudian, pada tahun 2011 Tari Saman menjadi salah satu warisan dunia non benda.

Satu-satunya Daerah yang Punya Aturan Khusus dan Hukum Cambuk
Provinsi Aceh adalah daerah istimewa dengan aturan khusus sehingga provinsi ini mempunyai hak istimewa membuat aturan hukumnya sendiri yakni Qanun.

Punya Ganja Terbaik di Dunia
Proliferasi tanaman ganja di Aceh ini sangat didukung oleh kondisi geografis, tanah subur, hujan teratur, dan posisi pegunungan dengan iklim yang relative stabil, ditambah isolasi akibat konflik sejak zaman Belanda, DI-TII hingga era GAM.

SUMBER: TRIBUNNEWS
EDITOR VIDEO : RANU TERUNA

Editor: RezaMunawir
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved