Breaking News:

Permintaan Bahan Bangunan Melonjak

Permintaan bahan bangunan seperti semen, besi, seng, paku, kawat ikat, termasuk pipa air dan listrik mengalami peningkatan...

SERAMBI/HERIANTO
Seorang calon pembeli memilih alat penyemprot hama untuk dijadikan sebagai alat semprot disinfektan di Toko Bangunan Baru Tabina Peunayong, Banda Aceh, Senin (6/4/2020). 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Permintaan bahan bangunan seperti semen, besi, seng, paku, kawat ikat, termasuk pipa air dan listrik mengalami peningkatan hingga 25 persen.

Melonjaknya permintaan itu terjadi di masa new normal sejak Juni lalu juga diakui sejumlah pedagang bahan bangunan yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Nazir, pedagang di Toko Baru Tabina, Peunayong, menjelaskan, sejak masa new normal ini aktifitas warga, termasuk untuk membangun atau rehab rumah mulai menggeliat.

Amerika Vs China, Angkatan Laut Mana yang Lebih Kuat?

Diduga Tenggelam, Nelayan Birem Bayeun, Aceh Timur Ditemukan Meninggal

Hal itu berefek positif terhadap penjualan material bangunan. “Contohnya semen. Di masa pandemi Covid-19, permintaannya berkisar 200 sak/hari. Tapi sekarang naik menjadi 250 sak/hari,” katanya kepada Serambi, Minggu (5/7/2020).

Ditambahkan, sejak penerapan new normal arus transportasi angkutan penumpang umum dari Medan ke Banda Aceh kembali dibuka.

Dengan begitu para pekerja dari Sumut, sudah bisa masuk kembali ke Aceh.

Dengan begitu  aktivitas pembangunan fisik, seperti toko, ruko, rumah pribadi, rumah developer dan lainnya jalan kembali.

Ungkapan serupa juga disampaikan, Ibrahim, pedagang bahan bangunan di Pasar Lambaro, Aceh Besar.

Ia mengatakan, sejak penerapan new normal 5 Juni 2020 lalu, permintaan berbagai bahan bangunan, seperti paku, kawat, seng, semen, kabel listrik, lampu, pipa listrik dan pipa air, sudah kembali meningkat 15-20 persen.

“Kenaikan permintaan tertinggi terjadi pada bahan bangunan, seperti semen yang  mencapai 25 persen,” tuturnya.

Halaman
123
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved