Breaking News:

Berita Lhokseumawe

BUMG Pusaka Indatu Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah Pertanian

Limbah pertanian seperti batang jagung dan jerami diolah secara fermentasi menjadi pakan ternak.

For Serambinews.com
Wakil Walikota Lhokseumawe, Yusuf Muhammad SE MSM, didampingi Kepala DPMG, Bukhari SSos MSi saat menghadiri acara kegiatan pelatihan pemanfaatan limbah pertanian sebagai bahan baku pakan ternak olahan (fermentasi & silase), di Desa Blang Weu Baroh, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Selasa (7/7/2020). 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM,LHOKSEUMAWE – Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Pusaka Indatu, di Desa Blang Weu Baroh, Kecamatan Blang Mangat Lhokseumawe, mengadakan acara kegiatan pelatihan pemanfaatan limbah pertanian sebagai bahan baku pakan ternak olahan (fermentasi & silase).

Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai motivasi dan contoh bagi gampong lain di wilayah kota Lhokseumawe.

Wakil Walikota Lhokseumawe, ikut menghadiri pembukaan pelatihan pemanfaatan limbah pertanian sebagai bahan baku pakan ternak olahan tersebut.

Ikut hadir pada acara tersebut, Geuchik Blang Weu baroh, Camat Blang Mangat,  perwakilan Dosen Politeknik Lhokseumawe, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG). 

Wakil Walikota Lhokseumawe Yusuf Muhammad SE MSM, dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat agar momentum kegiatan yang dilaksanakan BUMG Pusaka Indatu dapat dijadikan motivasi dan contoh bagi gampong lain di wilayah kota Lhokseumawe.

"Bagaimana memanfaatkan potensi limbah pertanian yang ada di gampong seperti batang jagung dan jerami diolah secara fermentasi yang dapat bertahan sampai 6 bulan hingga dapat dijadikan  peternak sebagai pakan ternak," sebutnya.

Dilanjutkannya, sehingga peternak tidak repot-repot lagi untuk mencari  rumput setiap harinya.

Pembukaan kegiatan Pelatihan pengolahan limbah Pertanian ini di awali dengan peninjauaan lokasi yang juga tempat penggemukan sapi yang di kelola oleh BUMG Pusaka Indatu Blang Weu Baroeh, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

Saat ini ada 26 sapi pengemukan yang dikelola BUMG setempat.

Sebagai informasi, kegiatan pelatihan kali ini  ditujukan kepada para  pengurus dan karyawan BUMG Banna sebanyak 9 orang dengan dukungan dari Politeknik Lhokseumawe melalui Program Kemitraan (PKM), demikian Yusuf Muhammad.(*)

Akhiri Ketidakstabilan Politik, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin Rencanakan Pemilu Dini

Pandemi Belum Berakhir, Kasus Baru Muncul di Bireuen Seorang Wanita Positif Covid-19

Rumah 17 Tahun Ditinggalkan Pemilik, Warga Mengabadikan Kondisinya yang Menyeramkan

Remaja Dipukuli Ibu Tiri dan Ayahnya di Aceh Utara, Ibu Kandung Sedang Sakit tak Berdaya Melerai

Penulis: Zaki Mubarak
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved