Breaking News:

Berita Luar Negeri

Ini Masker Transparan Inovasi Baru yang Cocok Untuk Tuna Rungu

Dengan memakai masker tersebut, orang yang menyandang tunarungu ini bisa tetap aman dan mudah berkomunikasi di tengah krisis Covid-19.

Claire Cross / Dailymail.co.uk
Masker transparan buatan Claire Cross dipersembahkan untuk penyandang tunarungu 

SERAMBINEWS.COM – Segelintir orang yang mengalami masalah pendengaran pastinya sulit untuk berkomunikasi secara normal dengan orang lain yang memakai masker wajah.

Orang yang mengalami masalah pendengaran atau pekak biasanya membaca gerak mulut orang lain ketika berkomunikasi.

Memahami masalah yang dialami golongan tersebut.

Seorang wanita dari Devon, Inggris telah membuat sebanyak 100 masker transparan yang memungkinkan penyandang tunarungu bisa membaca bibir saat berkomunikaisi di tengah pandemi yang masih melanda dunia.

Claire Cross, (45) menyebut masker hasil karyanya, yang dilengkapi dengan jendela dan terbuat dari kepingan plastik transparan di bagian mulutnya, sangat ‘vital’ bagi penyandang gangguan pendengaran.

Dengan memakai masker tersebut, orang yang menyandang tunarungu ini bisa tetap aman dan mudah berkomunikasi di tengah krisis Covid-19.

Pendaki Gunung Hilang Misterius karena Alami Paradoxical Undressing, Apa Itu?

Penggunaan penutup hidung dan wajah atau masker di saat new normal wajib dipakai saat menggunakan transportasi umum, pasar, dan di tempat-tempat keramaian lainnya untuk menangkal penyebaran virus corona.

Baru- baru ini, komunitas penyandang tunarungu di seluruh dunia merasa terpinggirkan dengan diwajibkannya penggunaan masker.

Komunitas tunarungu di Inggris, National Deaf Children's Society (NDCS) mengatakan penggunaan masker yang menutup bagian mulut dapat mengisolasi orang-orang tuli karena mereka sering menggantungkan cara berkomunikasinya dengan pembacaan gerak bibir.

Lembaga amal di Inggris memperkirakan saat ini ada sekitar 9 juta orang di Inggris yang tuli atau hidup dengan gangguan pendengaran.

Halaman
12
Penulis: Firdha Ustin
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved