Breaking News:

Jurnalisme Warga

Melirik Potensi Wisata Sungai Samar

Hari Sabtu lalu kami serombongan melawat ke wilayah Samar Kilang, Kecamatan Syiah Utama, Bener Meriah.

Melirik Potensi Wisata Sungai Samar
IST
JOHANSYAH, Pegawai Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tengah, melaporkan dari Takengon

OLEH JOHANSYAH, Pegawai Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tengah, melaporkan dari Takengon 

Hari Sabtu lalu kami serombongan melawat ke wilayah Samar Kilang, Kecamatan Syiah Utama, Bener Meriah. Tidak ada agenda khusus, kecuali sekadar ingin menikmati keindahan aliran Sungai Samar Kilang nan indah. Keindahannya sering diceritakan teman-teman yang sudah pernah ke sana. Ini yang mendorong kami tertarik datang.

Samar Kilang sebagai pusat pemerintahan Kecamatan Syiah Utama masih menjadi salah satu wilayah yang terisolasi di Bener Meriah. Berdasarkan peta wilayah, Samar Kilang berbatasan dengan Aceh Utara, Aceh Timur, dan Aceh Tengah. Bahkan jika jalur transpotrasi Samar dihubungkan ke wilayah Aceh Timur, posisinya sudah sangat dekat.

Perjalanan ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga jam dari Pondok Baru, Kecamatan Bandar. Hal ini dikarenakan terbatasnya akses menuju ke sana. Jalur transpotrasi menuju tempat tersebut belum semua beraspal, baru sampai di Kampung Rusip. Ada sekitar 10 kilometer lebih jarak perjalanan menuju wilayah Samar yang belum diaspal, masih dalam tahap pengerasan.

Kita bisa sedikit  enjoy  jika berangkat ke sana dalam kondisi cuaca normal, tidak hujan sehingga tidak banyak kendala di perjalanan, meski tak bisa memacu kendaraan dengan cepat. Tapi kondisinya akan berbeda ketika kita ke sana pada musim penghujan, karena ada beberapa bagian jalan yang sulit dilalui lantaran rusak dan licin.

Karena jalur transportasi ini terhubung dengan Aceh Timur, jadi sangat memungkinkan untuk dikembangkan oleh Pemerintah Aceh maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bener Meriah sebagai jalur alternatif dari wilayah tengah menuju wilayah timur. Apalagi posisinya sudah sangat dekat.

Suatu saat jika jalur transportasi ini diperbaiki, tampaknya aliran Sungai Samar Kilang sebagai aliran Sungai Jambo Aye ini akan menjadi pilihan destinasi wisata alam yang menarik. Ada beberapa kelebihan potensi yang patut dipertimbangkan. Pertama, sungai ini tidak begitu dalam dan sangat jernih sehingga nyaman bagi para pengunjung yang membawa anak-anak mereka. Meski demikian, tentu harus berhati-hati, jangan sampai orang tua lengah membiarkan anak-anaknya bermain di aliran sungai, karena hal itu bisa membahayakan mereka.

Kedua, tepian sungai ini sangat luas dan dikelilingi pepohonan yang rimbun sehingga sangat nyaman dijadikan tempat rehat.

Selain itu, hamparan tepian ini dapat digunakan untuk tempat parkir roda empat maupun roda dua. Di sekelilingnya nanti dapat juga didirikan lapak untuk berjualan kue maupun buah.

Ketiga, di sungai ini juga masih terdapat banyak ikan sehingga sambil berwisata alam, orang juga dapat menyalurkan hobi lain, yakni menangkap ikan, baik memancing atau dengan ragam alat tangkap ikan lainnya.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved