Breaking News:

Banjir Rob Landa Meulaboh

Ratusan Warga Gampong Pasir Dievakuasi dari Lokasi Banjir

Kondisi banjir rob tersebut sejauh ini tidak ada korban jiwa, namun ada beberapa rumah yang rusak akibat diterjang gelombang pasang.

SERAMBINEWS.COM/SA'DUL BAHRI
Anggota TNI mengevakuasi warga dari terjangan banjir rob di kawasan Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu (11/7/2020). 

Laporan Sa’dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Ratusan Warga di Desa Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu (11/7/2020) diungsikan akibat diterjang banjir rob atau pasang purnanama.

Hampir 90 persen dari jumlah penduduk di desa tersebut terkena dampak bencana tersebut, karena berada di sepanjang pantai.

Kondisi banjir rob tersebut sejauh ini tidak ada korban jiwa, namun ada beberapa rumah yang rusak akibat diterjang gelombang pasang.

Sementara efek banjir tersebut juga berimbas ke desa Gampong Belakang, dengan ketinggian air bervariasi, dari 10 hingga 50 cm.

Perangkat Desa Batoh Protes Pemko Banda Aceh Terkait Penetapan Tapal Batas dengan Desa Ateuk Jawo

Wakil Wali Kota Langsa Ajak Pelaku Olahraga Bangun Industri Olahraga

HRD Hadiri Penganugerahaan Doktor Honoris Causa kepada Gus Menteri di Universitas Negeri Yogyakarta

Para warga gamong pasir secara umum terkena dampak tersebut, sementara di Desa Ujong Kalak, Suak Indrapuri sebagian rumah warga juga terendam air pasang.

Peristiwa tersebut terjadi karena belum adanya tanggul pengaman, sehingga gelombang langsung menerjang rumah warga di daerah tersebut.

“Untuk saat ini warga kami tidak aman lagi dari ancaman gelombang pasang, sehingga secara umum untuk sementara waktu harus diungsikan, dan sebagian sudah diungsikan ke Lapangan Bola Kaki Teuku Umar,” kata Indra Gunawan, Kechik Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan kepada Serambi, Sabtu (11/7/2020).

Disebutkan, banjir rob yang terjadi saat ini salah satu bencana terbesar dari yang pernah terjadi pada 2007 silam.

Kondisi gelombang besar menyebabkan rumah penduduk terendam hampir merata, sebab rumah semuanya berada dekat pantai.

Halaman
12
Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved