Breaking News:

Hari Ini, Ada Pasar Murah di Disperindag Aceh

Pemerintah Aceh melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh, Kamis (16/7/2020) hari ini, menggelar Pasar Murah

Hari Ini, Ada Pasar Murah di Disperindag Aceh
IST
Kadisperindag Aceh, Ir Mohd Tanwier MM

* Sediakan Lima Jenis Barang

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh, Kamis (16/7/2020) hari ini, menggelar Pasar Murah/Operasi Pasar di halaman kantor dinas tersebut, Jalan Pocut Baren, Nomor 11, Banda Aceh. Dalam kegiatan yang terlaksana atas kerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan Disperindag Aceh tersebut disediakan lima jenis barang yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, dan telur.

Pasar Murah yang digelar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah itu rencananya akan dibuka Kadisperindag Aceh, Ir Mohd Tanwier MM, pagi ini pukul 9.00 WIB. "Pasar Murah ini adalah langkah strategis yang dilakukan Pemerintah Aceh melalui Disperindag Aceh guna mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah," ujar Mohd Tanwier, kepada Serambi, Rabu (15/7/2020) sore.

Melalui Pasar Murah ini, kata Tanwier, masyarakat terutama kalangan ekonomi menengah ke bawah diharapkan dapat membeli beberapa jenis bahan pokok yang lebih murah dibanding harga pasaran, karena sudah disubsidi oleh pemerintah. "Pembeli barang-barang di Pasar Murah ini kita utamakan masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Sehingga tujuan dan sasaran dari kegiatan ini benar-benar tercapai," ungkap Kadis yang akrab disapa Baong, ini.

Karena masih dalam suasana pandemi virus Corona, Tanwier berharap kepada panitia pelaksana dan masyarakat agar tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada saat transaksi jual beli di Pasar Murah ini. "Kita semua harus benar-benar patuh terhadap SOP pencegahan Covid-19, seperti menjaga jarak antrean antara pembeli dengan petugas, wajib memakai masker, dan mencuci tangan pakai sabun," tegas Kadisperindag Aceh didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri, Abdussalam SSos MSi.

Dalam masa pandemi, tambah Baong, kenaikan harga bahan pokok terjadi pada kebanyakan daerah di Indonesia, termasuk Aceh. Di sisi lain, menurut Tanwier, peran kebutuhan bahan pokok sangat penting untuk membantu masyarakat di masa susah seperti sekarang. "Jadi, sekali lagi Pasar Murah ini kita laksanakan untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat serta mempermudah masyarakat memperoleh barang tersebut dengan kualitas yang sesuai harapan dan harga terjangkau," pungkas Ir Mohd Tanwier MM.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh, Abdussalam SSos MSi, menambahkan, dasar pelaksanaan Pasar Murah tersebut adalah untuk membantu masyarakat yang terdampak virus Corona (Covid-19) di Aceh yang mengalami penurunan pendapatan untuk menghidupi keluarganya.

Menurut Abdussalam, besarnya subsidi untuk barang yang dijual masing-masing Rp 3.000 per kilogram untuk beras, gula pasir, minyak goreng, dan tepung terigu, serta Rp 250 per butir untuk telur ayam. "Jumlah barang yang kita sediakan pada Pasar Murah kali ini sebanyak 200 paket. Setiap paket masing-masing berisi beras satu sak isi 10 kilogram, gula pasir dua kilogram, minyak goreng dua liter, tepung terigu satu kilogram, dan telur ayam satu lempeng," rinci Abdussalam yang juga Ketua Panitia Pasar Murah tersebut.

Untuk memastikan kegiatan itu terlaksana sesuai protokol kesehatan Covid-19, tambah Abdussalam, pihaknya menyediakan wastafel untuk cuci tangan, hand sanitizer, tisu, dan membagikan masker kepada masyarakat yang tidak memakai masker di lokasi kegiatan. 

"Pasar Murah tersebut juga diisi dengan kegiatan kuliner/bazar yang menjual produk-produk industri kecil menengah (IKM), masker, tanaman hias, tanaman pertanian, kopi Gayo, dan aneka kue tradisional," demikian Abdussalam. (jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved