Breaking News:

Berita Aceh Jaya

Kalak BPBD Aceh Jaya Cek Kesiapan Pos Damkar, Personel Pemadam Kebakaran Keluhkan Ini Saat Disidak

Pengecekan itu dilakukan untuk melihat kesiapan para personel damkar dan sarana prasarana pendukung untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran.

SERAMBINEWS.COM/RISKI BINTANG
Kalak BPBD Aceh Jaya, Fajri melakukan pengecekan mobil pemadam kebakaran unit Pos Damkar Lhok Kruet, kawasan Kecamatan Sampoiniet, Aceh Jaya. 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Kondisi cuaca yang memasuki musim kemarau membuat musibah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bisa terjadi sewaktu-waktu.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Aceh Jaya, Fajri pun memeriksa kesiapan jajarannya menghadapi musibah alam tersebut.

Fajri yang didampingi Kabid Penanggulangan dan Kesiapsiagaan, Ismail melakukan pengecekan ke sejumlah pos pemadam kebakaran (damkar) yang ada di kabupaten tersebut.

Pengecekan itu dilakukan sebagai upaya melihat kesiapan para personel damkar dan sarana prasarana pendukung untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu kebakaran terjadi.

"Pengecekan ini dilakukan untuk melihat seberapa siap kita dalam menghadapi berbagai bencana yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu," jelas Fajri kepada Serambinews.com, Rabu (15/7/2020). Apalagi, lanjutnya, saat ini Kabupaten Aceh Jaya sedang dilanda musim kemarau dan cuaca ekstrim.

Penyaluran BLT Untuk Nelayan Aceh Barat Mengecewakan, Begini Masalahnya

MA Tolak Gugatan Irwandi Yusuf, Jabatan Wakil Ketua Jatah PNA di DPRK Abdya Masih Kosong

Mobil Pemadam Aceh Besar Sulit Terobos Lokasi Kebakaran Rumah Warga di Jantang, Ini Penyebabnya

"Kondisi saat ini bisa saja menyebabkan kebakaran hutan dan lahan dikarenakan intensitas hujan yang sangat kecil. Kemudian perubahan cuaca secara ekstrim juga dapat menyebabkan berbagai bencana lainnya. Jadi kita berharap seluruh personel siap dan seluruh peralatan pendukung juga memadai," tandasnya.

Fajri menambahkan, setelah melihat di lapangan, dirinya merasa puas atas kesiapan dan kesiagaan yang ditunjukkan oleh personel damkar, di mana setiap pos pemadam tetap ada petugas yang berjaga.

"Kita tinjau mulai dari Teunom hingga ke pos damkar Lamno. Alhamdulillah hasilnya lumayan, hanya saja keluhan dari para personel terkait kondisi alat pendukung yang memang sudah tua," beber dia.(*)

Penulis: Riski Bintang
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved