Breaking News:

Berita Abdya

MA Tolak Gugatan Irwandi Yusuf, Jabatan Wakil Ketua Jatah PNA di DPRK Abdya Masih Kosong

Karena terjadi konflik internal di tubuh partai, maka Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah menunda mengeluarkan SK pengangkatan Yoyong Syarifuddin.

SERAMBINEWS.COM/ RAHMAT SAPUTRA
Ketua PN Blangpidie, Zulkarnain SH mengukuhkan ketua dan wakil DPRK Aceh Barat Daya periode 2019-2024, Senin (25/10/2019) di gedung DPRK Abdya. 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE – Jabatan Wakil Ketua I DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) Masa Jabatan 2019-2024, jatah Partai Nanggroe Aceh (PNA) lowong selama 10 bulan terakhir atau sejak Oktober, tahun lalu hingga Kamis (16/7/2020).

Kursi wakil ketua dewan tersebut kosong merupakan dampak konflik internal PNA antara Irwandi Yusuf (Ketua PNA hasil Kongres 2017) dengan Pengurus PNA hasil KLB (Samsul Bahri bin Amiren alias Tiyong) yang berbuntut gugatan  kasasi sampai ke Mahkamah Agung MA. 

Sebelumnya, PNA sudah mengusulkan Yoyong Syarifuddin (Ketua DPW PNA Abdya) untuk mengisi jabatan Wakil Ketua I DPRK setempat.

Karena terjadi konflik internal di tubuh partai, maka Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah menunda untuk mengeluarkan SK peresmian dan pengangkatan Yoyong Syarifuddin.

Saat itu, Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah hanya mengeluarkan SK peresmian dan pengangkatan Nurdianto sebagai Ketua DPRK Abdya sebagaimana diusulkan Partai Demokrat (PD). Dan SK peresmian dan pengangkatan Hendra Fadli SH  sebagai Ketua II DPRK Abdya sebagaimana diusulkan Partai Aceh (PA).

Nurdianto dan Hendra Fadli diambil sumpah dan dilantik sebagai Ketua dan Wakil Ketua II DPRK Abdya Masa Jabatan 2019-2024 dalam rapat paripurna DPRK Abdya pada 25 Oktober 2019 lalu. 

MA Tolak

Seperti diketahui, Majelis Hakim MA menolak kasasi Irwandi Yusuf yang mengugat tiga rekan terkait sengketa di tubuh PNA. MA menyatakan pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) PNA yang menetapkan Samsul Bari bin Amiren alias Tiyong sebagai ketua, sudah sah.

Putusan akhir itu diketahui dari website MA. Dalam informasi yang disiarkan Selasa (14/7/2020) itu memuat status amar putusan ‘ditolak’.  

Halaman
123
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved