Breaking News:

Gempa Bumi Magnitudo 7,3 Guncang Papua Nugini, Tektonik Area Cukup Rumit

Gempa bumi berkekuatan magnitudo M 7,3 mengguncang wilayah Kokoda Papua Nugini pagi ini pukul 9.50 WITA

bangladeshchronicle.net
Ilustrasi gempa. BMKG mencatat hingga Selasa (5/3/2019) sore, gempa terjadi di Lombok Barat NTB, Luwu Timur, Palu hingga Aceh Besar. 

SERAMBINEWS.COM - Gempa bumi berkekuatan magnitudo M 7,3 mengguncang wilayah Kokoda Papua Nugini pagi ini pukul 9.50 WITA, Jumat (17/7/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, episenter gempa bumi yang terjadi ini terletak pada koordinat 7,82 LS dan 147,7 BT.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menyebutkan lokasi tepatnya gempa bumi tersebut berada di lepas pantai Holnicote pada jarak 114 kilometer arah Utara Kokoda Papua Nugini, pada kedalaman 87 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi lempeng.

Tak Sanggup Bayar Utang, Suami Paksa Istri Bersetubuh dengan Tetangga, Hamil Tak Tahu Anak Siapa

Gadis 12 Tahun Dipaksa Nikahi Pria 51 Tahun, Kabur Lalu Menikah Lagi dengan Pria 35 Tahun

Bertambah Lima Lagi, Warga Positif Corona di Aceh Capai 145 Orang

Daryono mengatakan tektonik area ini cukup rumit, sebab ada beberapa zona subduksi aktif dan subduksi purba yang menunjam dari segala arah dari lokasi hiposenter gempa M 7,3 di kedalaman menengah ini.

"Untuk itu perlu kajian lebih lanjut guna menjawab terkait subduksi yang mengalami deformasi dan menjadi pemicu gempa ini," kata dia.

Kisah Nelayan Aceh Ditangkap di Thailand: Mustafa Jera, Baru Pertama Ikut Melaut Langsung Ditangkap

12 Kios Ilegal di Terminal Sigli, Wabup Pidie: Segera Ditertibkan, Tidak Boleh Serobot Tanah Negara

VIDEO - Disangka Mayat Mengapung, Pria Ini Diduga Berendam Hingga Ketiduran di Kali

Sementara itu, berdasarkan model tingkat guncangan atau shakemap menunjukkan dampak gempa ini mencapai skala intensitas VI-VII MMI yang berpotensi menimbulkan kerusakan.

Sejumlah wilayah merasakan guncangan gempa bumi tersebut, seperti di Kokoda, Sangara, Popondetta, Gona, Buna, Eroro, Ondoro, Morobe, Eipa, Garaina, dan Kosipe.

Adapun terkait gempa bumi susulan, hasil monitoring BMKG hingga pukul 10.57 WIB, Jum'at (17/7/2020) belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Dayono menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki kombinasi penyesaran mendatar dan turun atau oblique normal.

Kendati lokasi gempa bumi di Papua Nugini ini terjadi di laut, tetapi hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami, sehingga masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak perlu khawatir terkait tsunami.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Hari Ini: M 7,3 Guncang Papua Nugini, Tektonik Area Cukup Rumit

Editor: Amirullah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved