Breaking News:

Berita Abdya

Sebagian Warga Abdya Masih Gunakan Minyak Tanah, Ini Pedagang yang Masih Setia Melayani Konsumen

Sebagian warga di Blangpidie, Susoh, Jeumpa dan Setia sekitarnya masih menggunakan minyak tanah untuk kebutuhan dapur.

Serambinews.com
Pak Din (55), pedagang keliling minyak tanah sedang melayani konsumen di kota Blangpidie, Abdya, Jumat (17/7/2020). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Persediaan bahan bakar minyak (BBM) jenis minyak tanah  dipasaran semakin langka sejak beberaap tahun terakhir, termasuk di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Kelangkaan stok dipasaran karena memang konsumen juga berkurang drastis, setelah sebagian besar masyarakat beralih menggunakan elpiji memasak dengan kompor gas.

Faktanya, masih banyak warga yang masih setia memakai minyak tanah memasak dengan  kompor yang menggunakan bahan bakar minyak.

Baik konsumen di pelosok desa, melainkan masih ada warga kota di Blangpidie, Susoh, Jeumpa dan Setia sekitarnyanya tetap menggunakan  bahan bakar minyak tanah.

Menjelang lebaran seperti sekarang ini permintaan minyak tanah meningkat, terutama sebagai bahan bakar mamasak beragam kue hari raya dengan kompor minyak.

Sementara stok sulit diperoleh di pasaran sehingga para konsumen mengeluh. Hanya satu dua pedagang di kawasan Blangpidie, menjual minyak tanah secara eceran, itupun sering kehabisan stok.

Masih untung, masih ada sosok Pak Din (55), pedagang keliling yang menjajakan  kebutuhan minyak tanah secara eceran sampai pelosok ke desa/gampong antarkecamatan dengan menggunakan becak mesin.

Warga Desa Alue Dama, Kecamatan Setia ini mengeluti profesi berdagang minyak tanah  sejak puluhan tahun atau sebelum bahan bakar yang pernah sangat merakyat ini digantikan elpiji.

"Pernah saya coba beralih mengangkut semen dengan becak, namun tapi saya tak sanggup lagi mengangkatnya,” kata ayah dua orang anak ini. 

Halaman
12
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved