Mihrab

Ujian Menghadapi Covid-19 di Aceh

Dan sungguh akan Kami berikan ujian kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan

serambinews.com
Khotbah Jumat, "Ujian Menghadapi Covid-19 di Aceh" 

(Disediakan oleh Tim Penyusun Naskah Khutbah Jumat Pemerintah Aceh)

Sidang jamaah Jumat yang Dimuliakan Allah!

Manusia di seluruh dunia sedang dalam ujian seperti tergambar dalam firman Allah QS Al Baqarah 155:

Artinya, “Dan sungguh akan Kami berikan ujian kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”

Virus Corona atau yang disebut COVID-19 tidak hanya membuat orang takut, tapi juga berdampak secara sosial dan ekonomi. Bayangkan, dari 14 juta orang di 188 negara yang diserang oleh virus ini. Hampir 1 juta orang meninggal dunia.

MPU: Penanganan Jenazah Covid-19 di RSUZA Sesuai Syariat

Sidang jamaah Jumat yang dimuliakan Allah!

Tidak masuk akal, jika kita masih termakan informasi menyesatkan bahwa virus ini hanya rekayasa. Pada faktanya daerah kita Aceh, juga tidak luput dari serangan virus corona ini. Dari 158 orang yang dijangkiti, peningkatan signifikan terjadi di akhir juni sampai dengan hari ini sudah menjatuhkan korban jiwa 10 orang sejak terjadinya penyebaran di tingkat lokal.

Bertambah Tujuh Lagi Warga Aceh Positif Covid-19, Satu Meninggal

Pertanyaannya, apa saja yang menjadi  kunci jawaban bersama untuk mengakhiri Virus Corona ini?

Pertama, memperkuat ikhtiar dengan mengikuti protokol kesehatan yang disampaikan oleh Pemerintah adalah hal yang sangat penting. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik tentang perlunya ikhtiar, Rasulullah pernah ditanya oleh seorang lelaki apakah dia perlu mengikat untanya sebelum bertawakal, Rasulullah menjawab, ikatlah dia kemudian baru bertawakal.

Kedua, tawakal yaitu berserah diri sepenuhnya kepada Allah dengan bersabar dan memperbanyak ibadah, berzikir dan berdo’a agar wabah ini segera berakhir.

Halaman
1234
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved