Breaking News:

Berita Luar Negeri

Berdasarkan Gambar Citra Satelit, Iran Pindahkan Kapal Induk AS Tiruan ke Selat Hormunz

Iran dikabarkan telah memindahkan kapal induk tiruan USS Nimitz ke Selat Hormuz yang strategis. Pemindahan itu terlihat dari gambar satelit.

FOTO US NAVY
Nimitz Carrier Strike Group yang terdiri atas kapal induk USS Nimitz (CVN 68), kapal penjelajah rudal berpemandu kelas Ticonderoga, USS Princeton (CG 59), kapal perusak peluru kendali kelas Arleigh Burke USS Sterett (DDG 104 ), dan USS Ralph Johnson (DDG 114), bersama kapal Angkatan Laut India Rana, Sahyardi, Shivalik, dan Kamorta uap, berada di Samudra Hindia, Senin (20/7/2020). 

SERAMBINEWS.COM - Iran dikabarkan telah memindahkan kapal induk tiruan USS Nimitz ke Selat Hormuz yang strategis. Pemindahan itu terlihat dari gambar satelit.

Pemindahan kapal induk tiruan dari Amerika Serikat (AS) ini menunjukkan bahwa Iran akan menggunakan kapal itu untuk latihan sasaran dalam permainan perang di teluk yang paling sibuk di dunia tersebut.

Mengutip Reuters, Senin (27/7/2020), Pengawal Revolusi Iran sesekali menggunakan tiruan kapal perang AS untuk latihan.

Termasuk pada 2015, ketika rudal Iran menabrak semua mock-up menyerupai kapal induk kelas Nimitz, AS.

Hezbollah dan Militer Israel Terlibat Pertempuran di Perbatasan Lebonan

Teheran yang menentang kehadiran angkatan laut AS dan Barat di Teluk tersebut sering mengadakan pertandingan perang angkatan laut di selat strategis yang menjadi saluran perdagangan sekitar 30% minyak mentah dunia.

Salah satu gambar yang ditangkap satelit milik perusahaan teknologi luar angkasa yang berbasis di AS, Maxar Technologies pada 26 Juli menunjukkan sebuah kapal serang cepat Iran bergerak ke arah kapal induk model AS di jalur strategis.

"Kita tidak dapat berbicara dengan apa yang Iran harapkan untuk dapatkan dengan membangun mock-up ini, atau nilai taktis apa yang akan mereka harapkan dengan menggunakan mock-up seperti itu dalam pelatihan atau skenario latihan ofensif," kata Komandan Rebecca Rebarich, juru bicara untuk Armada Kelima yang bermarkas di US Navy Bahrain.

"Kami tetap yakin dengan kemampuan angkatan laut kami untuk mempertahankan diri terhadap ancaman maritim apa pun," tambahnya.

Penasihat Keamanan Donald Trump Positif Terinfeksi Covid-19, Dua Pekan Lalu Bersama Presiden

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Iran memindahkan kapal induk tiruan USS Nimitz milik AS ke Selat Hormuz

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved