Breaking News:

Berita Abdya

Meugang di Abdya, Harga Daging saat Pagi Rp 200 Ribu/Kg, Sorenya Turun Jadi Rp 150 Ribu/Kg

Pelaksanaan hari meugang ditandai penyembelihan ternak kerbau dan sapi dalam jumlah besar oleh para pedagang untuk memenuhi kebutuhan daging.

Serambinews.com
Pedagang memasarkan daging kerbau untuk kebutuhan hari meugang Idul Adha 1441 H di pinggir Jalan Persada Blangpidie, Abdya, Kamis (30/7/2020). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE – Hari Meugang merupakan sebuah tradisi turun termurun menyambut bulan Suci Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha dikalangan masyarakat Aceh, tentunya di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).  

Pelaksanaan hari meugang ditandai kegiatan penyembelihan ternak kerbau dan sapi dalam jumlah besar oleh para pedagang untuk memenuhi pemintaan kebutuhan daging yang melonjak drastis.

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim sudah menetapkan hari meugang Idul Adha 1441 Hijriah jatuh, Kamis (30/7/2020), hari ini. Ternyata, sejumlah pedagang melakukan penyembelihan ternak kerbau dan sapi sejak Rabu (29/7/2020), dan sebagian lainnya menyembelih ternak, Kamis pagi, hari ini.    

Kepala Distanpan Abdya, drh Nasruddin melalui Kabid Peternakan, Laili Suhairi dihubungi Serambinews.com menjelaskan, berdasarkan keputusan Bupati bahwa seperti meugang Idul Fitri lalu, kegiatan pemotongan ternak pada hari meugang Idul Adha 1441 H juga tidak dipusatkan di bantaran Sungai Krueng Beukah, Blangpidie dan Lapangan Teungku Peukan, Desa Seuneulop, Manggeng, melainkan dilaksanakan di lingkungan warga masing-masing.

Keputusan tersebut merupakan upaya mencegah Covid-19.

Menurut Laili Suhairi meskipun Bupati Abdya sudah menetapkan hari meugang jatuh Kamis, ternyata sejumlah pedagang melakukan penyembelihan ternak kerbau dan sapi sejak Rabu, dan sebagian pedagang lain baru menyembelih ternak, Kamis hari ini.

Pasaran harga daging kerbau dan sapi pada hari Rabu, tembus Rp 200.000 per kilogram (kg). Tingkat harga yang demikian tinggi tidak menyurutkan minat warga untuk membeli daging, karena memang menjadi tradisi mengonsumsi daging menyambut hari meugang.

Pantauan Serambinews.com, harga daging kerbau dan sapi pada kedua, Kamis pagi, masih relatif tinggi berkisar antara Rp 180 ribu sampai Rp 200 ribu per kg.

Pedagang memasarkan daging meugang di pinggir Jalan  Nasional dan lingkungan tempat tinggal warga dalam kawasan Kecamatan Blangpidie, Susoh dan  kecamatan lainnya.

Halaman
123
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved