Breaking News:

AirAsia Belum Buka Penerbangan ke Kuala Lumpur

AirAsia hingga saat ini belum membuka penerbangan dari Banda Aceh ke Kuala Lumpur, Malaysia, dan sebaliknya

SHUTTERSTOCK/ZHOU EKA
Ilustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia. (SHUTTERSTOCK/ZHOU EKA) 

* Garuda dan Lion Air Terbang Satu Kali/Hari

BANDA ACEH - AirAsia hingga saat ini belum membuka penerbangan dari Banda Aceh ke Kuala Lumpur, Malaysia, dan sebaliknya. Hal ini karena Covid-19 yang sekarang masih mewabah. Hal itu diketahui berdasarkan informasi yang dikutip Serambi dari website maskapai berbiaya rendah asal negeri jiran tersebut, Rabu (5/8/2020). Sementara untuk penerbangan domestik, Garuda Indonesia dan Lion Air Group masing-masing terbang satu kali sehari dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, dengan tujuan Jakarta maupun Medan.

Garuda Indonesia aktif melayani penerbangan setiap hari (daily flight) Banda Aceh-Jakarta dan sebaliknya sejak Rabu (1/7/2020) lalu. Sebelumnya, Garuda hanya terbang empat kali dalam seminggu yakni Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. "Sudah aktif daily flight (setiap hari)," kata Sales and Service Manager Garuda Indonesia Banda Aceh, Widya Kurniawan Putra, yang dikonfirmasi Serambi, kemarin.

Seperti diberitakan sebelumnya, penambahan penerbangan rute Banda Aceh-Jakarta dilakukan pihak Garuda karena terjadi peningkatan jumlah penumpang dan barang (kargo) dari dan ke Aceh. “Tapi, ke depan akan kita evaluasi kita,” ujar Widya.

Terkait syarat dan ketentuan perjalanan, Widya menjelaskan, sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020, penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan pesawat diharuskan melengkapi persyaratan dokumen tertentu.

Sementara Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, menyampaikan Lion Air melayani penerbangan dari Bandara SIM ke Bandara Internasional Kualanamu, Medan, satu kali sehari. Demikian juga Batik Air terbang dari Banda Aceh ke Bandara Internasional Soekarno-Hattta, satu kali per hari.

Sebelum pandemi Covid-19, sebut Danang, untuk Aceh, Lion Air melayani penerbangan sebanyak 4 kali sehari (3 kali tujuan Kualanamu dan satu kali tujuan Soekarno-Hatta). "Kondisi saat ini menurut saya tidak dapat dibandingkan dengan sebelumnya. Situasi sekarang berbeda dengan tahun lalu," ujar Danang.

Untuk meningkatkan tren perjalanan udara dengan mengakomodir kebutuhan penumpang serta mendukung upaya pemulihan perekonomian nasional, sebutnya, Lion Air Group saat ini sudah menyediakan dua tempat layanan rapid test di Banda Aceh.

Sejak Kamis (16/7/2020), Lion Air Group sudah bekerja sama dengan satu fasilitas kesehatan sebagai pelaksana tes tersebut Fasilitas kesehatan dimaksud adalah Klinik Pratama Cempaka Lima, Neusu Aceh, Banda Aceh dengan waktu pelayanan Senin-Sabtu pukul 08.00-17.00 WIB, serta Minggu dan libur nasional tutup. Sebelumnya, rapid test juga sudah tersedia di Klinik Aceh Dompet Dhuafa, Jalan Tgk Imum Lueng Bata, Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh. (una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved