Breaking News:

Aminullah: Realisasi APBK Banda Aceh 2020 di Atas Rata-rata Nasional

Realisa­si Anggaran Pendapa­tan dan Belanja Kota (APBK) Banda Aceh sudah mencapai 49,05 persen per Agustus 2020

BANDA ACEH - Realisa­si Anggaran Pendapa­tan dan Belanja Kota (APBK) Banda Aceh sudah mencapai 49,05 persen per Agustus 2020. Angka tersebut pun melewati rata-rata nasional, yakni 47 persen.

Hal tersebut disam­paikan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, seusai mendengar peng­umuman Mendagri Tito Kanarvian melalui video conference dalam rapat koordinasi pencapaian target realisasi APBD, Senin (10/8/2020), di pendopo.

“Alhamdulillah, persentase realisasi APBK Banda Aceh su­dah di atas rata-rata nasional. Dari 514 ka­bupaten/kota se-Indo­nesia, kita berada di per­ingkat 23 daerah dengan penyerapan anggaran terbesar sejauh ini,” ka­tanya.

Dikatakan Aminul­lah, Mendagri mengapre­siasi daerah-daerah yang penyerapan anggarannya tinggi di tengah kondi­si pandemi Covid-19. “Mengingat saat ini se­dang dalam kondisi su­lit, beliau sangat respek kepada daerah yang re­alisasi APBD-nya di atas rata-rata.”

“Itu menunjukkan bahwa kita (pemerintah daerah) tetap bekerja dengan maksimal me­layani masyarakat wa­laupun di tengah pan­demi sekalipun. Bagi Banda Aceh, pencapaian ini tentu tidak terlepas dari dukungan segenap stakeholder dan elemen kota,” katanya lagi.

Sebagai informasi, APBK Banda Aceh 2020 sudah ditetapkan sebe­sar Rp 1.4 triliun lebih. “Dengan realisasi ham­pir setengahnya, ter­masuk refocusing dana penanganan Covid-19, kita optimis penyerapan anggaran tahun ini bisa terlaksana sesuai tar­get,” ucap Aminullah.

Berdasarkan data dari Kemendagri, pe­merintah daerah den­gan persentase realisasi APBD 2020 tertinggi ada­lah Pemkab Tegal 60.06 persen. Sementara yang terendah Kabupaten Gunung Kidul dengan persentase 6,63. Banda Aceh sendiri bertengger di urutan 23 nasional (49,05).(hba/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved