Breaking News:

Tiga KCP Mandiri Full Syariah  

Bank Mandiri resmi melakukan konversi full ke syariah terhadap tiga Kantor Cabang Pembantu (KCP) yang ada di Banda Aceh, yaitu Peunayong

kontan
Ilustrasi Bank Mandiri 

BANDA ACEH - Bank Mandiri resmi melakukan konversi full ke syariah terhadap tiga Kantor Cabang Pembantu (KCP) yang ada di Banda Aceh, yaitu Peunayong, Ulee Kareng, dan Keutapang. Proses konversi ini resmi dilakukan oleh SEVP Individual and SME Banking Bank Syariah Mandiri, Wawan Setiawan melalui video conference yang berlangsung di masing-masing KCP tersebut, Senin (10/8/2020).

Dalam sambutannya, Wawan menyampaikan pembukaan ketiga KCP Bank Syariah Mandiri di Aceh itu merupakan dalam rangka mendukung pelaksanaan Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS) di Aceh.

Dikatakan, kantor yang diresmikan tersebut merupakan 8 dari kantor cabang yang sejak Mei 2020 berkantor bersama atau sharing office dengan kantor cabang Bank Mandiri. Tujuannya untuk mempercepat proses konversi dan memberikan kemudahan bagi nasabah untuk konversi ke syariah.

“Sehingga kantor cabang Bank Mandiri resmi ditutup dan digantikan dengan Bank Syariah Mandiri yang resmi beroperasi penuh di KCP Peunayong, KCP Ulee Kareng, dan KCP Keutapang,” sebutnya.

Dalam rangka mengimplementasikan Qanun Aceh itu, pihaknya juga sudah melakukan berbagai implementasi untuk menjawab kebutuhan nasabah. Antaranya melaunching produk tabungan bisnis yang dapat dimanfaatkan fitur-fiturnya untuk rekening usaha yang dilengkapi fasilitas e-banking, serta Bank Syariah Mandiri juga sudah dapat melayani transaksi pembelian produk Pertamina.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini kita akan membuka 10 kantor cabang baru Bank Syariah Mandiri dengan kantor bersama Bank Mandiri, serta 11 kantor cabang baru Bank Syariah Mandiri hasil konversi langsung dari kantor cabang Bank Mandiri,” sebutnya.

Selain konversi portofolio pembiayaan, dana pihak ketiga dan pengalihan aset, Bank Mandiri juga mengalihkan fasilitas mesin ATM, EDC. Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan menghadirkan fasilitas ATM di Aceh sehingga fasilitasnya itu semakin lengkap untuk para nasabah.

“Kami berharap dengan keberadaan Bank Syariah Mandiri akan semakin memudahkan masyarakat Aceh dalam bertransaksi. Kami optimis dapat menyediakan produk dan layanan syariah sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Wawan.

Sementara itu, Vice President Bank Mandiri Area Banda Aceh, Andri Antoni menyampaikan, tiga kantor tersebut merupakan hal yang pertama sekali dilakukan untuk proses konversi full ke syariah. Selanjutnya akan diikuti secara bertahap dengan kantor-kantor cabang lainnya.

“Saat ini Bank Mandiri di Aceh memiliki 52 jaringan cabang yang nantinya secara bertahap mengikuti implementasi Qanun tentang LKS menjadi layanan Bank Syariah Mandiri,” katanya.

Dikatakan Andri, tentunya juga akan melakukan perubahan layanan mesin ATM Bank Mandiri yang saat ini ada 134 lebih mesin ATM di Aceh. “Dan juga akan melakukan konversi jaringan mesin EDC,” sebutnya.(una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved