Breaking News:

Panas! Kapal Tempur Yunani dan Turki Konfrontasi di Laut Sengketa, Begini Kronologinya!

Ketegangan meningkat minggu ini setelah Turki mengirim kapal survei ke wilayah tersebut, dikawal oleh kapal perang.

Editor: Amirullah
Weibo, PLA Daily Photo via Taiwan News
(gambar ilustrasi) Eropa Semakin Membara! Kapal Tempur Yunani dan Turki Konfrontasi di Laut Sengketa, Begini Kronologinya! 

SERAMBINEWS.COM - Kapal perang Yunani dan Turki terlibat dalam tabrakan kecil pada Rabu (12/8) selama kebuntuan di Mediterania Timur, sumber Kementerian Pertahanan Yunani mengatakan, yang menggambarkannya sebagai "kecelakaan".

Ketegangan meningkat minggu ini setelah Turki mengirim kapal survei ke wilayah tersebut, dikawal oleh kapal perang.

Tujuannya, untuk memetakan wilayah laut guna kemungkinan pengeboran minyak dan gas di area di mana Turki dan Yunani sama-sama mengklaim yurisdiksi.

Kapal survei Turki, Oruc Reis bergerak antara Siprus dan Pulau Kreta, Yunani, dibayangi oleh sejumlah kapal fregat Yunani.

Peneliti Malaysia Temukan Jejak Kaki Dinosaurus Sauropoda, Perkirakan Berusia 160 Juta Tahun

Selama Ini Sudah Dianggap Seperti Keluarga Sendiri, Sosok Ini Bocorkan Tabiat Syahrini saat di Rumah

Payudaranya Meledak karena Bom, Pengantin ISIS Ini Diduga Berusaha Kembali ke Inggris

Pada Rabu (12/8), salah satu kapal fregat Yunani, Limnos, mendekati kapal survei ketika menemukan salah satu kapal pengawal Angkatan Laut Turki, Kemal Reis.

Kapal fregat Yunani bermanuver untuk menghindari tabrakan langsung, dan dalam prosesnya haluannya menyentuh bagian belakang kapal fregat Turki, menurut sumber Kementerian Pertahanan Yunani kepada Reuters.

"Itu kecelakaan," kata sumber itu yang menambahkan Lemnos tidak rusak. Kapal fregat itu kemudian mengambil bagian dalam latihan militer bersama dengan Prancis di lepas pantai Kreta pada Kamis (13/8) pagi.

Membayar mahal

Belum ada komentar langsung tentang insiden itu dari Kementerian Pertahanan Turki.

Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan pada Kamis (13/8), setiap serangan terhadap kapal Turki yang mengeksplorasi minyak dan gas di perairan Mediterania yang disengketakan akan "membayar mahal", dan menyarankan Yunani bertindak berdasarkan peringatan itu.

5 Manfaat Jeruk Nipis yang Tak Terduga, Mulai dari Kepala hingga Ujung Kaki

Geger, Boneka Horor Annabelle Dikabarkan Hilang, Begini Fakta dari Boneka Menyeramkan Ini

Heboh Konten Pornografi di Situs Belajar Online, Sudah Dilaporkan Cyber Crime Polri dan Kemenkominfo

"Kami mengatakan, jika Anda menyerang Oruc Reis kami, Anda akan membayar mahal, dan mereka mendapat jawaban pertama hari ini," kata Erdogan dalam pidatonya di Ankara, tanpa memberikan rincian.

Yunani dan Turki adalah sekutu di NATO, tetapi hubungan mereka telah lama penuh ketegangan. Perselisihan berkisar dari batas-batas landas kontinen lepas pantai dan wilayah udara hingga Pulau Siprus yang terbagi secara etnis.

Pada 1996, mereka hampir berperang memperebutkan kepemilikan pulau tak berpenghuni di Laut Aegea.

(*)

artikel ini telah tayang di Sosok.id dengan judul Eropa Semakin Membara! Kapal Tempur Yunani dan Turki Konfrontasi di Laut Sengketa, Begini Kronologinya!

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved