Breaking News:

Situs Sejarah

Tim Dosen Sejarah Unsam Langsa Telusuri Situs Makam Meurah Gajah di Pedalaman Aceh Tamiang

Syekh Sirajuddin mengembangkan Islam ke Seureuleue Aceh Tengah, Sykeh Yakob ke Blang Peuria Samudra dan Meurah Johan ke Aceh Besar

SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Batu nisan Makam Meurah Gajah di Gampong Pematang Durian, Kecamatan Sekerak, Aceh Tamiang. 

Laporan Zubir I Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Tim Peneliti Dasar Unggalam Universitas Samudra (Unsam) Langsa, menelusuri dan menyelidiki jejak Situs Meurah Gajah di pendalaman Aceh Tamiang.

Tim yang merupakan dosen sejarah ini terdiri dari Dr Usman Ibrahim MPd, Dr Bachtiar Akob MPd, dan Dr Imam Hadi Sutrino MSi, menemukan situs makam kuno di Gampong Pematang Durian, Kecamatan Sekerak, Aceh Tamiang.

Menurut Usman Ibrahim, kepada Serambinews.com, Minggu (16/08/2020) ditemukan situs ini atas petunjuk Datok H. Syaruddin Amry (Kepala Mukim Karang Bundar), dan Husni AB (mantan Ketua Majelis Aceh Aceh) Aceh Tamiang.

Kedua orang ini yang memberikan keterangan lokasi Makam Meurah Gajah di Gampong Pematang Durian Kecamatan Sekerak, wilayah pendalam Aceh Tamiang baru-baru ini.

Diperkirakan untuk menuju lokasi sekitar 30 km dari Ibu Kota Aceh Tamiang.

Meurah Gajah pada zaman itu terkenal sebagai salah seorang Ulama Besar keluaran dari satuan Syiah Hudan Perguruan Zawiyah Cot Kala yang pernah jaya di zaman Kerajaan Islam Peureulak, di abad ke-13 Masehi atau sekitar 800 tahun silam.

Menurut kajian M Junus Djamil, pada tahun 580 H/1184 M, serombongan dari rakyat penduduk Gampong Peunaron (Gayo Geutanyoe) dari Tanah Alas, yang diketuai oleh Pucok Sloh (Meurah Gajah) yang berasal dari negeri Peureulak.

Yaitu salah seorang Lasykar Dakwah Syiah Hudan Perguruan Zawiyah Cot Kala, turun melalui Sungai Kreung Jeureuneh sampai di Lhok Batu Karang.

Di sanalah mengambil tempat kediaman hingga menjadi sebuah negeri yang didinamai “Negeri Karang” (Negeri Karang di Kuala Simpang sekarang).

Halaman
123
Penulis: Zubir
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved