Breaking News:

Bupati dan Forkopimda Aceh Besar Ziarahi Makam Laksamana Keumala Hayati  

Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali ber­sama Wabup Tgk H Husaini A Wahab dan Forkopimda menziarahi makam Pahla­wan Nasional Laksamana Keumala

FOTO HUMAS PEMKAB ACEH BESAR
Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi dan Wabup Tgk H Husaini A Wahab bersama Forkopimda melakukan ziarah ke makam Pahlawan Nasional Laksamana Keumala Hayati, di Gampong Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Minggu (16/8/2020). 

* Rangkaian Peringatan HUT Ke-75 RI

 JANTHO - Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali ber­sama Wabup Tgk H Husaini A Wahab dan Forkopimda menziarahi makam Pahla­wan Nasional Laksamana Keumala Hayati, di Gam­pong Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Minggu pagi (16/8/2020).

Kegiatan itu merupa­kan rangkaian HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik In­donesia. Hadir dalam kes­empatan itu, unsur OPD, Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym, Ketua TP-PKK Aceh Besar Hj Rahmah SH, Muspika Mesjid Raya, dan to­koh-tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati dan Forkopimda ber­doa dan menabur bunga di makam tokoh wanita pahlawan pemberani tersebut. “Jasa dan perjuangan para pahla­wan kita tersebut harus selalu kita kenang dan teladani,” un­gkap Ir Mawardi Ali.

Kepada wartawan, Mawardi Ali mengajak masyarakat dan generasi muda menjadi pahlawan di tengah pandemi Covid-19 yang se­dang melanda dunia.

Laksamana Keumala Ha­yati ditetapkan sebagai pahl­awan nasional oleh Pemer­intah Republik Indonesia sejak tahun 2017 lalu.

Di masa hidupnya, Laksamana Keumala Hayati dikenal sebagai wanita yang menjadi Panglima Angkatan Laut, Kadis Rahasia Kera­jaan, dan Protokol Istana masa kerajaan Aceh dipimpin oleh Sultan Saidil Mu­kamil Alauddin Riayatsyah (1588-1604). Beliau juga menghimpun para janda un­tuk melawan Portugis dan Belanda. Selanjutnya, para janda itu mendirikan sebuah benteng yang diberi nama Benteng Inong Balee.(hab/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved