Breaking News:

Berita Politik

Partai Aceh Jaring Figur Bakal Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2022, Prioritaskan Kader Sendiri

Partai Aceh (PA) saat ini belum menetapkan siapa saja figur yang akan diusung pada Pilkada 2022 mendatang.

Partai Aceh Jaring Figur Bakal Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2022, Prioritaskan Kader Sendiri
FOR SERAMBINEWS.COM
Muhammad Saleh, Juru Bicara Partai Aceh

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Partai Aceh (PA) saat ini belum menetapkan siapa saja figur yang akan diusung pada Pilkada 2022 mendatang.

Partai yang didirikan mantan kombatan GAM tersebut kini sedang fokus melakukan penjaringan figur dari kalangan internal untuk dijadikan sebagai calon kepala daerah.

"Secara formal belum (ditetapkan kandidat). Tapi penjajakan figur atau calon secara internal mulai berjalan, baik di provinsi maupun kabupaten," kata Juru Bicara (Jubir) Partai Aceh, Muhammad Saleh menjawab Serambinews.com, Minggu (23/8/2020).

Selain melakukan penjaringan bakal calon kandidat, menurut Saleh, Partai Aceh juga membahas hal lain yang kemungkinan bisa saja terjadi. Seperti kemungkinan koalisi dengan partai lokal (parlok) maupun partai nasional (parnas).

Pada Pilkada Aceh tahun 2022, lanjut dia, Partai Aceh sudah memutuskan untuk mengutamakan mengusung calon bupati/wakil bupati atau wali kota/wakil wali kota dari kalangan kader sendiri, ketimbang mengusul calon dari kalangan nonkader.

Amir Faisal ‘Atjeh Connection’ Sindir Birokrat dan Politisi, ke Jakarta Hanya untuk Urusan Politik

Tes SKB CPNS Pidie di Banda Aceh, Peserta Dilarang Pakai Cicin dan Bawa Keluarga, Catat Jadwalnya

Drama MotoGP Styria 2020 - Motor Vinales Terbakar, Olivieira Hancurkan Rekor Ducati di Lap Terakhir

"Dalam politik apa pun bisa terjadi, tapi kecil kemungkinan dari nonkader. Ini juga belajar dari pengalaman Pilkada 2017 lalu. Ada calon bupati/wakil maupun wali kota/ wakil yang diusung PA, begitu terpilih justru meninggalkan dan lupa pada PA," ungkapnya.

Saleh mengungkapkan, Partai Aceh akan mengusung calon sendiri di 10 kabupaten/kota. Seperti Sabang, Pidie, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Aceh Barat, Aceh Jaya, termasuk Pidie Jaya (Pijay), yang Pilkadanya pada tahun 2023 mendatang.

"Selebihnya pada posisi orang nomor dua. Saat ini, proses penjajakan tersebut sedang berjalan antarpimpinan parpol, khususnya anggota KAB (Koalisi Aceh Bermartabat)," pungkas Muhammad Saleh.(*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved