Breaking News:

Rokok Sumbang Pajak Rp 238 M

Meski pandemi Covid-19, namun omset penjualan rokok di Aceh pada semester pertama tahun 2020 tak menurun. Bahkan dari data

Wartakota.com
Dari 323 orang, 100 pegawai Pabrik Rokok Sampoerna Rungut Surabaya dinyatakan reaktif terhadap virus corona. 

BANDA ACEH - Meski pandemi Covid-19, namun omset penjualan rokok di Aceh pada semester pertama tahun 2020 tak menurun. Bahkan dari data Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA), rokok menyumbang pajak sebesar Rp 238,261 miliar untuk periode Januari-Juli 2020.

Kepala BPKA, Bustami Hamzah mengatakan, sumbangan pajak dari rokok sebesar itu meningkat 21 persen dari periode serupa tahun 2019 lalu. Periode lalu rokok menyumbang pajak ke Aceh sebesar Rp 196,289 miliar. “Ada peningkatan sumbangan sebesar Rp 41,9 miliar dari tahun lalu,” jelasnya kepada Serambi, Sabtu (22/8/2020).

Kenaikan penerimaan pajak rokok tersebut, kata Bustami, membuktikan bahwa penjualan rokok di masa pelaksanaan darurat Covid-19 di Aceh tidak menurun, bahkan terjadi kenaikan yang signifikan. “Jika di daerah lain pandemi Covid -19 mempengaruhi omset rokok, di Aceh justru penjualannya meningkat,” ungkap Kepala BPKA.

Dari sisi penerimaan, kata Bustami, kenaikan penerimaan pajak rokok di masa darurat cegah pandemi Covid-19 ini, sangat membantu keuagan daerah, termasuk keuangan pemerintah kabupaten/kota. Pasalnya 70 persen penerimaan pajak rokok untuk Pemerintah Aceh. “70 persen dari yang diterima Pemerintah Aceh, dikembalikan ke kabupaten/kota untuk digunakan membiayai berbagai program dan kegiatan kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Bustami optimis target penerimaan pajak rokok di Aceh sebesar Rp 275 miliar akan tercapai. Pasalnya pada tujuh bulan pertama saja penerimaan pajak sudah mencapai Rp 238 miliar lebih. Jika dirata-ratakan, per bulan penerimaan pajak rokok sekitar Rp 34 miliar. Masih ada lima bulan lagi. Kalau merujuk dari rata-rata per bulan itu, asumsinya lima bulan berikutnya ada sekitar Rp 150-Rp 170 miliar.

“Jika melihat penerimaan pada Januari-Juli, kami optimis target penerimaan pajak dari rokok akan tercapai,” pungkas Kepala BPKA, Bustami Hamzah.(her)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved