Breaking News:

Wawali Kota Langsa Launching Rumah Dataku Gampong Pondok Kemuning    

Wakil Wali (Wawali) Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, Senin (24/8/2020) melaunching Rumah Dataku Gampong Pondok Kemuning

DOK HUMAS PEMKO LANGSA
Wakil Wali Kota Langsa, Marzuki Hamid saat melaunching Rumah Dataku Gampong Pondok Kemuning, Senin (24/8/2020). 

LANGSA - Wakil Wali (Wawali) Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, Senin (24/8/2020) melaunching Rumah Dataku Gampong Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama.

Hadir di acara itu Kabid Latbang BKKBN Prov Aceh, Irma Dimyati SE MSi, Plt Kepala DP3A Dalduk dan KB Kota Langsa, Amrawati SKM MKM, Camat Langsa Lama, Zakaria, Tuha Peut, Babinsa, Kader Posyandu dan perangkat gampong.

Wawali Langsa mengatakan, dengan dilaunchingnya Rumah Dataku ini akan memperkuat semangat semua pihak untuk membangun Gampong Pondok Kemuning, khususnya Kota Langsa dalam hal bidang kependudukan dan pembangunan lainnya.

Menurutnya, Rumah Dataku ini sangat penting, apalagi dalam dunia tekhnologi informasi untuk mempermudah masyarakat mengakses data. Diharapkan semua data ini bisa online sehingga bisa diakses luar, jika tidak bisa diakses maka tidak bisa efektif.

Rumah Dataku menjadi pusat data dan informasi gampong dan tidak hanya data kependudukan, tapi juga data lainnya seperti riwayat penyakit juga harus ada. Data itu dinamis sehingga data ini harus terus diupdate. "Saya minta data ini tidak hanya dibahas pada hari seremonial ini saja, tapi yang lebih penting subtansi dari data kependudukan yang ada di Gampong Pondok Kemuning harus ada," ujarnya.

Marzuki Hamid menambahkan, keberadaan Rumah Dataku sangat besar manfaatnya untuk kemajuan gampong di masa yang akan datang, maka harus ada petugas khusus di gampong yang mengiput data-data kependudukan.

Kepada Keuchik Gampong Pondok Keumuning, dia berharap untuk terus berusaha agar masyarakatnya menjadi masyarakat yang berkualitas, karena hakikat dari keluarga berencana adalah bagaimana menjadi keluarga berkualitas dan sejahtera

Marzuki meminta masyarakat Pondok Keumuning dan umumnya Kota Langsa harus meyakini bahwa virus covid-19 itu ada dan mengancam keselamatam kita semua. "Mari kita tetap waspada dan senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan, agar kita semua terhindar dari wabah covid-19 yang terjadi secara global ini," ajaknya.

Keuchik Gampong Pondok Kemuning, Saiful Azhar memaparkan,  jumlah penduduk gampong tersebut kinibsebanyak 2659 jiwa, terdiri dari laki 1.308 jiwa dan perempuan 1.351 jiwa.

Ia menjelaskan, dengan adanya Rumah Dataku di Gampong Pondok Keumuning ini ketika masyarakat akan mengurus administrasi apa saja, maka warga tidak perlu membawa KTP atau KK lagi. Artinya semua data warga sudah ada di Kantor Keuchik. Karena, semuanya diinput di Kantor Keuchik dan dilakukan untuk memudahkan saat menyelesaikan administrasi kependudukan.(*/zb)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved