Breaking News:

Radio Rimba Raya dan Damaran Baru Ecovillage Masuk Nominasi API 2020  

Dua destinasi wisata di Kabupaten Bener Meriah yang memiliki latar belakang keunikan yang berbeda terpilih dalam nominasi

For: Serambinews.com
Irmansyah 

REDELONG - Dua destinasi wisata di Kabupaten Bener Meriah yang memiliki latar belakang keunikan yang berbeda terpilih dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020.

Kedua destinasi wisata tersebut ialah, Radio Rimba Raya dan Damaran Baru Ecovillage. Dari 18 kategori yang dikompetisikan, Kabupaten Bener Meriah menyertakan dua kategori yaitu, Tugu Radio Rimba Raya kategori situs sejarah terpopuler dan Damaran Baru Ecovillage kategori ekowisata terpopuler.

Kadis Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bener Meriah, Irmansyah SSTP, MSP mengatakan, terpilihnya Radio Rimba Raya dalam nominasi kategori situs sejarah terpopuler bukan tanpa alasan. Ia menyebutkan, Radio Rimba Raya berjasa sangat besar terhadap Indonesia ketika agresi Militer Belanda ke II tahun 1948.

Irmansyah menceritakan, keberhasilan Radio Rimba Raya mengcounter berita hoaks propaganda Belanda yang disampaikan melalui radio Hilversum dan radio lainnya milik Belanda yang menyatakan bahwa Indonesia sudah bubar.

“Informasi yang disampaikan oleh Radio Rimba Raya memaksa Belanda untuk  menyelesaikan konflik senjata yang berkecamuk melalui meja perundingan dengan mediator Dewan Keamanan PBB,” kata Irmansyah.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kala itu Dewan Keamanan PBB juga memaksa Belanda untuk menyerahkan kedaulatan kepada Indonesia, berdasarkan kutipan dari isi buku Ide Anak Agung Gede Agung yang berjudul "Twenty Years Indonesian Foreign Policy : 1945-1965 (1973)” yang isinya, “Dewan Keamanan PBB meloloskan resolusi yang mengecam serangan militer Belanda terhadap tentara Republik di Indonesia dan menuntut dipulihkannya pemerintah Republik.”

Kata Irmansyah, maka muncul perundingan lanjutan penyelesaian damai antara kedua belah pihak. Diantaranya perjanjian Roem-Royen yang ditanda tangani 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta.

Mengingat peranannya yang sangat besar, beberapa tokoh nasional asal Aceh sepakat membangun tugu atau monumen untuk mengenang jasa perjuangan Radio Rimba Raya ini dan tanggal 22 April 1988 dilaksanakan peresmian tugu/monumen Radio Rimba Raya oleh Bustanil Arifin yang pada saat itu menjabat Menteri Koperasi/Kepala Bulog.

Monumen Radio Rimba Raya merupakan bangunan yang bersejarah dan sudah menjadi tujuan wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Keputusan Radio Rimba Raya yang masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020 kategori wisata sejarah terpopuler adalah keputusan yang tepat, tentunya kita semua masyarakat Provinsi Aceh menyambut gembira,” tegasnya.

Ia juga menambahkan, Kampung Damaran Baru Ecovillage yang masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia tahun 2020 kategori ekowisata memiliki panorama alam yang indah, seni dan kearifan lokal yang mampu menghadirkan nuansa wisata yang tidak mudah untuk dilupakan.(hbm)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved