Breaking News:

Tips Kesehatan

Waspada Diabetes dari Sekarang, Ini 5 Makanan Penyebab Diabetes

Penyakit diabetes mellitus adalah ancaman serius bagi kesehatan masyarakat karena perkembangannya bertahap dan bisa menimbulkan komplikasi berbahaya

FOTO ILUSTRASI - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Asian Medical Student Association (AMSA) Fakultas Kedokteran (FK) Unsyiah memperingati Hari Diabetes Sedunia di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh, Sabtu (16/11). International Diabetes Federation (IDF) dan World Health Organization (WHO) memprakarsai peringatan tersebut tiap tahunnya sebagai bentuk kepedulian dan ajakan mencegah penyakit diabetes. SERAMBI/BUDI FATRIA 

SERAMBINEWS.COM - Penyakit diabetes mellitus adalah ancaman serius bagi kesehatan masyarakat karena perkembangannya bertahap dan bisa menimbulkan komplikasi berbahaya.

Tidak heran jika penyakit kencing manis ini dikenal juga sebagai pembunuh diam-diam (the silent killer). 

Berikut ini adalah beberapa komplikasi diabetes yang patut diwaspadai.

Mulai dari luka sulit sembuh, kebutaan, penyakit gigi, penyakit jantung dan stroke, kerusakan ginjal, kerusakan saraf, beragam jenis kanker, penurunan daya tahan tubuh, hingga melemahnya daya ingat.

Makanan penyebab diabetes 

Ada beragam faktor risiko yang dapat menjadi penyebab penyakit diabetes, salah satunya yakni pemilihan menu makan yang salah.

Pria Disabilitas dan Wanita Diarak Keliling Desa, Rambut Dicukur dan Sepatu Bekas Digantung di Leher

Banyak orang selama ini mungkin telah memahami bahwa konsumsi makanan atau minuman yang manis dapat memicu diabetes. 

Tapi sayangnya, beberapa jenis makanan lain juga bisa menjadi penyebab penyakit kronis ini.

Maka dari itu, berbagai makanan tersebut perlu diwaspadai, terutama bagi kelompok masyarakat yang memiliki faktor risiko penyakit diabetes.

Seperti berusia di atas 30 tahun, menderita obesitas, mengalami hipertensi, kolesterol tinggi, punya riwayat keluarga diabetes mellitus hingga menderita penyakit kardiovaskular.

Halaman
1234
Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved