Breaking News:

Luar Negeri

Cegat 3 Pesawat Pembom B-52 Milik Amerika Serikat, Rusia Kerahkan 8 Jet Tempur, Mau Perang?

Militer Rusia dilaporkan mengirim delapan jet tempur untuk mencegat tiga pesawat pembom B-52 milik AS yang mendekati Crimea.

Editor: Faisal Zamzami
sumber foto: eurofighter typhoon
Pesawat Tempur Eurofighter Typhoon 

SERAMBINEWS.COM, MOSKWA - Militer Rusia dilaporkan mengirim delapan jet tempur untuk mencegat tiga pesawat pembom B-52 milik AS yang mendekati Crimea.

Berdasarkan keterangan kementerian pertahanan, pusat kontrol udara mendeteksi armada "Negeri Uncle Sam" pada Jumat waktu setempat (4/9/2020).

Kremlin segera memberangkatkan empat jet tempur Sukhoi Su-27 dan empat Su-30, di mana mereka mengawal B-52 itu keluar dari wilayah udara Rusia.

 "Pelanggaran perbatasan negara yang dilakukan AS terhadap Federasi Rusia tidak dapat dibenarkan," terang kementerian dikutip Russian Today Sabtu (4/9/2020).

Di tengah tiga pesawat pembom strategis B-52 tengah mendekati Crimea, sekelompok besar pesawat pengintai dan kapal milik AS dan Inggris berada di wilayah Ukraina dan Laut Hitam.

Kemunculan pesawat pengebom jarak jauh itu kemungkinan merupakan upaya AS untuk mengetes sistem pertahanan udara maupun radar "Negeri Beruang Merah".

Taktik seperti itu dilaporkan begitu sering dilakukan terutama ketika era Perang Dingin.

Namun, kini begitu jarang ditemui di abad modern.

Selain mencoba radar dan kemampuan rudal, lewatnya B-52 Stratofortress bisa juga merupakan upaya unjuk gigi Washington, yang mendukung Ukraina.

Komando AS di Eropa kemudian mengakui bahwa pesawat yang bertugas sejak periode 1950-an tersebut bergabung bersama angkatan udara Ukraina.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved